Sukses

Ajip Rosidi Idap Kanker dan Pendarahan Otak Sebelum Meninggal Dunia

Liputan6.com, Jakarta Dunia sastra Tanah Air tengah berduka. Salah satu maestro, Ajip Rosidi, meninggal dunia di usia 82 tahun, Rabu (29/7/2020) malam sekitar pukul 22.26 WIB. Sebelum mengembuskan napas terakhirnya Ajip Rosidi sempat mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah Tidar Kota Magelang, Jawa Tengah.

Imam Soleh, murid Ajip Rosidi, mengatakan bahwa saat masih hidup, sang guru melawan penyakit kanker yang sudah lama diidapnya. Namun, Imam Soleh tidak tahu pasti kanker apa yang diderita Ajip Rosidi.

"Kondisi kesehatannya memang kian hari menurun. Beliau idap kanker juga stadium 4," kata Imam Soleh, saat dihubungi oleh Liputan6.com, Kamis (30/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pendarahan Otak

Tak hanya itu, Ajip Rosidi juga belum lama menjalani operasi. Ia sempat mengalami pendarahan di kepalanya, sehingga membutuhkan penanganan khusus.

"Beliau selesai dioperasi kepalanya sebelah kanan, ada pendarahan," kata Imam lagi.

3 dari 4 halaman

Terjatuh

Kondisi kesehatan Ajip Rosidi mulai drop saat suami Nani Wijaya itu terjatuh. Dari situ ia dilarikan ke rumah sakit dan kondisinya kian hari kian menurun.

"Pemicu kemaren beliau berpulang, yaitu terjatuh di rumahnya di Pabelan, Jawa Tengah," kata Imam.

4 dari 4 halaman

Dimakamkan di Sebelah Istri Pertama

Jenazah Ajip Rosidi rencananya dimakamkan di pemakaman keluarga. Ajip Rosidi akan dikebumikan di sebelah makam istri pertamanya, Fatimah, Kamis (30/7/2020).

"Dimakamkan di Perpustakaan Jati Niskalah di Pabelan, sebelah makam istrinya Fatimah," tutur Imam.

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.