Sukses

6 Hit Besar Reza Artamevia Yang Ultah 29 Mei, Nomor 3 Auranya Seksi Banget

Reza Artamevia berulang tahun ke-45, Jumat (29/5/2020). Kami ajak Anda mengingat kembali 6 hit besar milik penyanyi bersuara seksi ini.

Liputan6.com, Jakarta - Reza Artamevia berulang tahun ke-45, Jumat (29/5/2020). Bermodal suara seksi, Reza fenomena besar di industri musik Tanah Air, pengujung 1990-an. Memulai karier sebagai penyanyi latar Dewa 19 di lagu “Satu Hati Kita Semestinya” (1995) dan “Aku Di Sini Untukmu” (1996), ia bersolo karier pada 1997.

Ditangani Ahmad Dhani, Reza Artamevia melahirkan album Keajaiban yang meledak di pasar. Sepanjang kariernya, Reza Artamevia melahirkan 3 album.

Semua album itu memiliki judul satu kata berawalan ke dan berakhiran an. Ketiga album itu yakni Keajaiban, Keabadian, dan Keyakinan.

Pada 2004, mestinya Reza Artamevia merilis album Ketulusan. Sayang, perceraian dengan Adjie Massaid yang berlarut membuat album itu urung dirilis. Teriring doa semoga panjang umur, kami ajak Anda mengilas balik 6 hit besar Reza Artamevia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Pertama

Album Keajaiban membawa keajaiban bagi Reza Artamevia. Dari penyanyi latar, ia naik pangkat sebagai teen diva. “Pertama,” nomor yang membuat karier Reza Artamevia meroket. Tak hanya menyanyi, Reza Artamevia merangkap sebagai penyanyi latar.

Diiringi tiupan trumpet, aura seksi lagu ini menguat berkat backing vokal Reza yang sarat desahan alto. Sudah 23 tahun berlalu, “Pertama” masih dikenang publik. Aksi Reza menggesek-gesekkan punggung di tembok dan celana hitam sintetis yang dikenakannya jadi tren.

3 dari 7 halaman

2. Dia

Konon sempat terjadi tarik ulur antara Reza Artamevia dengan perusahaan rekaman Aquarius Musikindo terkait pemilihan single kedua. Ahmad Dhani merekomendasikan “Dia,” nomor lawas milik Vina Panduwinata. Benar saja, “Dia” meledak dan jadi ikon Reza Artamevia berikutnya.

Pada 1997 dan 1998, lagu ini kerap diputar di berbagai pesta sebagai simbol kegembiraan. Intepretasi sang diva yang begitu kuat membuat publik sejenak lupa bahwa “Dia” tembang milik Si Burung Camar.

 

4 dari 7 halaman

3. Satu Yang Tak Bisa Lepas

Inilah tembang ikonis Reza Artamevia. Makin ikonis berkat video klip bernuansa monokrom yang menampilkan ia berendam di air. Sepanjang video klip, Reza hanya berendam sambil berdendang. Tak ada adegan lain. Ajaibnya, kita tidak bosan menyaksikannya.

Aura seksi Reza bertebaran ke mana-mana. “Satu Yang Tak Bisa Lepas” mengantar Keajaiban meraih plakat platinum lantaran terjual lebih dari 200 ribu kaset. Sebuah pencapaian luar biasa di tengah badai krisis ekonomi yang berujung kerusuhan Mei 1998. Unbelievable!

5 dari 7 halaman

4. Biar Menjadi Kenangan

Setelah tiga tahun vakum, Reza Artamevia kembali dengan Keabadian, masih diproduseri Ahmad Dhani. Album berisi 9 lagu ini memfiturkan “Biar Menjadi Kenangan” duet dengan penyanyi Jepang, Masaki Ueda, yang menjadi hit besar.

Versi bahasa Inggris “Biar Menjadi Kenangan” yang diberi judul “The Last Kiss” membuka jalan Reza Artamevia go Asia. “The Last Kiss” yang dirilis di Jepang, muncul di album Amazing. Amazing adalah album Keajaiban versi “bule.”

6 dari 7 halaman

5. Keabadian

Reza Artamevia membuat pukulan ganda. Begitu tulis sebuah media nasional menggambarkan kesuksesan album kedua Reza. Album ini terjual 300 ribu kaset lebih pada 2000. Pencapaian ini terasa istimewa lantaran di pasar, Keabadian diadu dengan sejumlah album raksasa.

Antara lain, Mencintaimu (Krisdayanti), Bintang Lima (Dewa 19), Kisah Klasik Untuk Masa Depan (Sheila on 7), dan Seribu Tahun (Jikustik). “Keabadian” menyusul kesuksesan “Biar Menjadi Kenangan.” Lagu ini merajai ratusan tangga lagu dan sangat dicintai publik.

7 dari 7 halaman

6. Berharap Tak Berpisah

Album Keyakinan yang diproduseri sendiri oleh Reza melahirkan banyak hit. Dirilis pada Ramadan 2002, album ini melahirkan tembang indah “Cinta Kita.” Yang dikenang hingga kini justru “Berharap Tak Berpisah.” Saking legendaris, karya Denny Chasmala ini dinyanyikan ulang oleh Shanty dan Aaliyah Massaid.

Tahun lalu, “Berharap Tak Berpisah” entah kenapa meledak lagi dan jadi lagu wajib putar saat dugem. Saking meledak, sampai ada #IzinkanChallenge. By the way, Anda tahu, kan album Keyakinan awalnya diberi judul Kepastian?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini