Sukses

Zack Lee Kaget Respons Cepat Staf Jokowi yang Bantu Anak Pahlawan Nasional

Liputan6.com, Jakarta Aktor Zack Lee sempat memposting kondisi Kores, anak pahlawan Nasional Mayor TNI Johannes Abraham. Kores terlihat begitu memprihatinkan. Bahkan, Kores tengah bertahan dengan kondisi kesehatan yang kian memburuk. 

Melihat bagaimana kondisi Kores yang tak berdaya, Zack Lee lantas melakukan penggalangan dana. Hal ini untuk mencegah kondisi kesehatan yang kian memburuk.

Kabar baik pun datang, staf Presiden Jokowi ikut ambil peranan untuk membantu Kores. Simak informasinya berikut ini seperti diceritakan oleh Zack Lee.

 

2 dari 7 halaman

Kondisi Terkini

Kores yang kondisinya kurus kering dan sakit akhirnya menerima perawatan di rumah sakit. Dia diketahui sakit TBC dan baru saja masuk RS.

Kores juga harus menjalankan beberapa tes lain untuk mengetahui kondisi kesehatannya, termasuk tes Covid-19. 

Sayangnya teman serta kerabat belum diperbolehkan menjenguk, hingga ada kabar terbaru.

"Sakit TBC. Hari ini baru masuk. Cuma belum ada yang bisa jenguk, karena harus tes covid, dan lain-lain," ujar Zack yang dihubungi merdeka.com, Kamis (14/5).

 

3 dari 7 halaman

Perkembangan

Zack Lee mengunggah potret Kores yang tengah diperiksa tim medis dan baru selesai dikenakan infus. Zack menyatakan Kores begitu terbantu dengan dukungan seluruh teman, terutama Jodi. 

"Hari ini kores udah masuk rumah sakit. Terima kasih banget buat semua support kalian. Lets pray for a miracle," tulis Zack dalam caption.

 

4 dari 7 halaman

Staf Presiden Turun Tangan

Setelah kondisi kesehatan Kores viral, pemerintah memberikan respons. Zack mengaku dihubungi langsung oleh staf Jokowi. 

"Iya dihubungi. Kaget juga, tapi ya Alhamdulillah. Harus sembuh," kata Zack.

"Tapi tadi sudah dihubungi sama staf presiden, jadi sepertinya mereka turun tangan juga. Puji Tuhan," tambahnya.

 

5 dari 7 halaman

Berteman dengan Zack Lee

Kores yang berdarah Papua sudah cukup lama tinggal di Jakarta. Zack Lee sudah mengenalnya sejak 15 tahun lalu, dan sering nongkrong bersama di wilayah Blok M. Setiap harinya untuk perawatan di rumah, Kores dibantu oleh Noel, seorang sahabatnya juga. 

"Iya teman nongkrong di Blok M sudah lama banget, 15 tahunan. Tahu sakit sudah lama. Emang teman aku Noel yang urusi rawat jalan dan lain lain," ujar Zack.

 

6 dari 7 halaman

Hidup Sendiri

Selama ini Kores menahan sakit dalam tubuh kurusnya sendirian. Meski memiliki keluarga besar, dia tidak ingin merepotkan orang lain dan belum berkeluarga. 

Meski keadaan sakit, sebelumnya Kores masih sanggup jalan-jalan dan memasak. Namun kemarin tiba-tiba jatuh sakit lagi.

"Kemarin-kemarin sudah mendingan jauh sebenarnya, sudah bisa ngulek sambal, bisa jalan-jalan dan sebagainya. Sekarang langsung drop lagi," kata Zack.

"Keluarga besar ada. Dia sendiri belum berkeluarga," tambahnya.

 

7 dari 7 halaman

Anak Pahlawan Nasional

Ayah Kores merupakan salah satu pahlawan nasional. Dia bernama Johannes Abraham Dimara yang lahir di Biak Utara, Papua, pada 16 April 1916. Setelah menyelesaikan pendidikan dasar di Ambon, Johannes lanjut sekolah di pertanian, Laha hingga 1940. 

Setelah menuntaskan jenjang pendidikan di Sekolah Pedidikan Injil, dia menjadi guru Injil di Pulau Buru, Maluku. Sosoknya yang mengagumkan dalam serta jasanya bersama Dr. J. Leimena, diangkatlah menjadi Pahlawan Nasional Indonesia.

Johannes Leimena, sahabat Abraham yang berjuang bersama, hingga berhasil menjadi menteri selama 21 tahun tak terputus selama jabatan Soekarno. Berselang 3 tahun, Abraham menyusul Leimena kembali ke pangkuan Sang Pencipta pada 20 Oktober 2000 di Jakarta.

Sumber: Merdeka.com