Sukses

6 Fakta Menarik tentang Karier Tio Pakusadewo di Dunia Akting

Liputan6.com, Jakarta - Tio Pakusadewo, belum lama ini dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Cawang. Dikabarkan ia terserang penyakit stroke.

Padahal, dikatakan Surya, manajer Nagra Kautsar, putra Tio Pakusadewo, sang ayah sebelumnya tak memiliki riwayat penyakit apapun. Dan kini, ia sudah mulai berangsur membaik.

Sebelumnya, Tio Pakusadewo, sempat jatuh ke lubang hitam. Ia terjerat narkoba. setelah menjalani hukuman, pemain film Jakarta Undercover ini mengaku kapok.

Di balik itu semua, Tio Pakusadewo memiliki segudang prestasi di panggung perfilman Indonesia. Berikut ini, enam sepak terjang Tio di dunia seni peran yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

2 dari 7 halaman

1. Berakting Sejak Muda

Tio Pakusadewo berkecimpung di dunia akting sejak usia muda. Debut pertamanya berjudul Bilur-Bilur Penyesalan, kala itu ia masih 24 tahun.

Namun, namanya mulai dikenal publik saat menjadi bintang utama dalam film Cinta Dalam Sepotong Roti, garapan Garin Nugroho pada 1990 silam.

 

3 dari 7 halaman

2. Model Video Klip

Ketampanan dan kepiawaian Tio Pakusadewo berakting, membuatnya banjir tawaran kerja. Bukan hanya dalam film, tapi juga menjadi model dalam video klip.

Pria 55 tahun ini sempat tampil dalam video klip Agnes Monica berjudul "Cinta Diujung Jalan", dan "Begitu Salah begitu Benar" milik Dewi-Dewi.

 

4 dari 7 halaman

3. Raih Piala Citra

Setelah banyak membintangi film, Tio Pakusadewo berhasil meraih Piala Citra untuk pertama kalinya dalam film Lagu Untuk Seruni. Ia masuk dalam kategori Pemeran Utama Pria Terbaik di Festival Film Indonesia pada 1991.

Pada 2009, Tio Pakusadewo kembali mendapat Piala Citra untuk film Identitas dengan kategori Pemeran Utama Pria Terbaik.

 

 

5 dari 7 halaman

4. Penghargaan Lainnya

Selain memenangkan Piala Citra, Tio Pakusadewo juga memenangkan berbagai nominasi lainnya seperti Most Favourite Supporting Actor di MTV Indonesia Movie Awards 2006 untuk film Berbagi Suami. Aktor Pembantu Terbaik di Indonesian Movie Awards 2008 karena perannya di film Quickie Express.

Tio Pakusadewo juga meraih sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik dalam ajang Usmar Ismail Awards 2016 untuk film Surat dari Praha.

 

6 dari 7 halaman

5. Peran Protagonis

Tio Pakusadewo, dikenal sebagai aktor yang kerap mendapat peran antagonis. Ia begitu menjiwai setiap karakter yang dimainkannya.

Meski begitu, Tio tak pernah menganggap remeh peran protagonis. Pria bernama asli Irwan Susetyo Pakusadewo juga pernah mendapat peran sebagai pria baik-baik, di antaranya dalam film Bukaan 8, Buffalo Boys, Habibie & Ainun.  

 

7 dari 7 halaman

6. Bikin Pementasan untuk Ibu

Duka mendalam dirasakan Tio Pakusadewo saat ditinggalkan ibunda untuk selamanya pada 2018 lalu. Rasa kehilangan itu yang membuat Tio Pakusadewo menyelenggarakan pementasan teater yang bertajuk Untuk Ibu: Kasih Anak Sepanjang Jalan, Kasih Ibu Sepanjang Masa.

Pentas teater yang dibuat Tio ini diselenggarakan di Teater Komunitas Salihara, Jakarta pada 15 Desember 2018 lalu.

Sederet artis ikut meramaikan pementasa ini di antaranya Reza Rahardian, Rifnu Wikana, Shelomita, Donny Damara, Chatib Basri, Aziz Arman, Patrisha Pakusadewo, Estelle Linden, dan masih banyak lainnya.

Di sisi lain, Tio Pakusadewo turut mengajak semua orang merenungkan tentang pengorbanan seorang ibu yang memberikan segalanya untuk anak-anak melalui teater ini.

(Nurul Hasanah/Mgg)

Loading
Artikel Selanjutnya
Sebelum Dilarikan ke Rumah Sakit, Tio Pakusadewo Tampak Sehat
Artikel Selanjutnya
Kabar Terserang Stroke, Tio Pakusadewo Dilarikan ke UGD