Sukses

7 Peran Cut Mini di Film yang Ngehit Sebelum Berhijab

Puluhan film sudah dimainkan Cut Mini sebelum berhijab, beberapa peran dikenang masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Cut Mini, kembali menjadi sorotan publik. Lantaran, ia mengubah penampilannya saat menghadiri gala premier film terbarunya Ikut Aku ke Neraka.

Keinginan Cut Mini menutup aurat, sebenarnya sudah ada sejak akhir tahun lalu usai menjalani ibadah haji. Namun lantaran masih ada kontrak dengan berbagai film membuat Mini terpaksa menunda niat baik tersebut.

Sebelum berhijab, puluhan film sudah dimainkan Cut Mini. Saat membintangi film ia selalu tampil maksimal, bahkan berani tampil nyentrik dalam sejumlah film yang dibintanginya.

Beberapa film yang dibintanginya bahkan membawanya masuk sebagai nominee bahkan meraih penghargaan. Berikut ini beberapa peran yang dimainkan Cut Mini dan terhitung ikonis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Laskar Pelangi

Dalam film ini Cut Mini berperan sebagai Ibu Muslimah, yaitu guru dari anak-anak yang tinggal di Belitong. Ibu Muslimah merupakan sosok yang sangat baik hati. Guru yang akrab dengan panggilan Ibu Mus ini bahkan ikut serta memperjuangkan Pendidikan murid-murid kesayangannya itu.

Berkat film ini, Cut Mini meraih penghargaan sebagai Aktris Terbaik di Indonesian Movie Awards 2009 serta Aktris Terpuji di Festival Film Bandung 2009. Juga masuk nominasi untuk kategori Aktris Terfavorit di Indonesian Movie Awards 2009.

 

3 dari 8 halaman

2. Athirah

Pada film ini, Cut Mini memerankan tokoh utama, yaitu Athirah. Film ini diadaptasi dari novel semi-biografi Hj. Athirah Kalla yaitu ibunda Jusuf Kalla – karya Alberthiene Endah.

Film ini menceritakan kisah tentang hidup seorang perempuan berdarah Bugis Makassar bernama Athirah, yang tak lain adalah ibunda Jusuf Kalla. Potret seorang ibu yang harus menghadapi kenyataan hidup yang pahit tapi terus mencari cara untuk mempertahankan harga diri dan keluarganya.

Cut Mini mendapatkan berbagai penghargaan, seperti Piala Citra untuk Pemeran Utama Wanita Terbaik di Festival Film Indonesia 2016 dan Pemeran Utama Wanita Terbaik di Indonesian Movie Actors Awards 2017.

 

4 dari 8 halaman

3. 3 Dara 2

Pada film ini Cut Mini tampil sebagai nenek tua yang bernama Eyang Putri. Eyang Putri merupakan nenek yang sangat galak. Memakai wig berwarna putih, kaca mata serta lipstik merah membuat penampilan Cut Mini terlihat layaknya nenek sungguhan.

Selain itu, Cut Mini mempunyai ajudan yang diperankan oleh Soleh Solihun, tidak jauh berbeda dengan Cut Mini, peran Soleh Solihun juga tidak kalah menyebalkannya.

 

5 dari 8 halaman

4. Red Cobex

Cut Mini dipercaya untuk berakting dalam film Red Cobex. Kali ini, ia berperan sebagai Cik Memey, anggota preman perempuan.

Tampil beda, Cut Mini memakai gigi palsu, dan lipstik merah serta rambut keriting sehingga ia terlihat nyentrik.

 

6 dari 8 halaman

5. Arisan!

Dalam film Arisan! Cut Mini memerankan wanita karier yang sukses. Ia juga menjadi salah satu anggota arisan kaum sosialita.

Film ini membawa Cut Mini menjadi nomine untuk kategori Aktris Terfavorit dalam ajang MTV Indonesia Movie Awards 2004.

 

7 dari 8 halaman

6. Me Vs Mami

Lagi-lagi, Cut Mini mendapat peran menjadi seorang ibu. Tapi untuk film Me Vs Mami, ia harus menjadi wanita modern bernama Maudy yang cerewet dan posesif terhadap anaknya.

 

8 dari 8 halaman

7. Orang Kaya Baru

Cut Mini memang piawai dalam berakting. Lihat saja dalam film Orang Kaya Baru, ia harus bermain dalam dua situasi, miskin dan kaya.

Perubahaan peran begitu kentara diperlihatkan Cut Mini. Menjadi orang kaya, ia tampil norak, dan kerap menghambur-hamburkan uang.

(Nurul Hasanah/Mgg)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini