Sukses

Sebut Ini dalam Lawakannya, Pandji Pragiwaksono Tuai Kecaman

Liputan6.com, Jakarta - Pandji Pragiwaksono saat ini tengah menjadi perbincangan. Khususnya oleh para komunitas pecinta hewan. Gara-garanya adalah materi stand up comedy Pandji Pragiwaksono yang dibawakan dalam acara Pandji Pragiwaksono World Tour Jakarta yang juga telah diunggah ke kanal YouTube-nya beberapa waktu lalu.

Dalam lawakannya, Pandji Pragiwaksono menyebut kucing adalah hewan gembel. Rupanya, bercandaan Pandji Pragiwaksono ini berbuntut panjang. Ia dikecam oleh banyak pihak, salah satunya adalah Garda Satwa Indonesia.

Sampai-sampai melalui unggahan di Instagramnya, Garda Satwa Indonesia melayangkan surat terbuka untuk Pandji Pragiwaksono.

"Dear @pandji.pragiwaksono, komentar ini ada di video anda yang berjudul "PANDJI BENCI HEWAN GEMBEL". Pertanyaannya, bagaimana perasaan anda melihat komentar subscriber anda sepertiini? Masih menganggap Kebencian anda terhadap Hewan Terlantar pantas menjadi bercandaan?" tulis akun tersebut pada Jumat (5/4/2019), menyertai sebuah foto salah satu komentar di YouTube Pandji Pragiwaksono.

 

2 dari 2 halaman

Respons

Dalam kalimat selanjutnya, Garda Satwa Indonesia juga meminta respons dari Pandji Pragiwaksono atas surat terbuka tersebut.

"Lantas kemudian apa tanggung jawab anda sebagai influencer terhadap hal-hal seperti ini? Mohon responnya, kali ini kami harapanda bicara serius, bukan berbicara untuk ditertawakan lagi,” lanjutnya.

Sayangnya, dari pantauan di media sosial, Pandji Pragiwaksono belum memberikan klarifikasinya terkait masalah tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram

Cuplikan video ini kami record dari chanel youtubenya @pandji.pragiwaksono yang berjudul “PANDJI BENCI HEWAN GEMBEL”. Surat terbuka untuk Pandji Pragiwaksono Kami merasa keberatan atas pernyataan anda dalam video yang berjudul “PANDJI BENCI HEWAN GEMBEL”. Di mana anda menerangkan ketidaksukaan anda kepada kucing terlantar yang mengemis makanan sisa dari manusia. Anda ini seorang influencer dan banyak yang mengikuti sosial media anda. Pernyataan apapun akan memberikan efek bagi sekitar anda. Anda harus tahu betapa sulitnya hidup seekor kucing gembel. Tiap detik hidupnya bersinggungan dengan kematian: karena lapar, sakit, kecelakaan, atau penyiksaan. Tanpa anda bicara seperti itu saja hidup kucing liar sudah sulit, jangan ditambah lagi pernyataan anda yang benci hewan gembel sehingga memprovokasi orang lain juga untuk merasa wajar membenci hewan jalanan. Anda sebagai influencer kami harapkan justru jadi pelopor pembela hak bagi kaum yang lemah. Tak hanya manusia tapi juga binatang. Sekali lagi kami jelaskan bahwa hidup kucing menggembel dan mengemis makanan bukan berniat mengganggu anda, mereka hanya berusaha bertahan hidup! Jika ada makhluk kecil tak berdaya dan sedang berupaya untuk bertahan hidup saja kamu benci, apa itu tidak memperlihatkan seberapa besar jiwa kamu, Panji? Video anda sudah ditonton ratusan ribu orang, di mana tanggung jawabmu, Pandji jika semakin banyak orang yang membenci hewan terlantar dan merasa wajar-wajar saja membencinya. Semoga anda siap dikritik oleh para pejuang hewan gembel. https://youtu.be/KZXYEL8D2yE

A post shared by GardaSatwaIndonesia (@gardasatwaindonesia) on

Loading
Artikel Selanjutnya
Duh Pandji Pragiwaksono Unggah Potret Tubuhnya Penuh Kabel, Ada Apa?