Sukses

Konser Kemanusiaan untuk Gempa Palu Kumpulkan Rp 12 Miliar

Konser Kemanusiaan untuk korban gempa Palu dan Donggala ini sukses mengumpulkan donasi sebesar Rp 12,2 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - Konser kemanusiaan korban gempa Palu bertajuk "Gala Dana 100 Biduan, 100 Hits untuk Palu, Donggala Sulteng" sukses digelar di Lippo Mall Kemang, Jumat, 5 Oktober 2018. Konser ini diramaikan oleh 100 musikus Tanah Air, di antaranya Raisa, Krisdayanti hingga Elek Yo Band ft. Tantowi Yahya dan Yuni Shara.

Digagas oleh Komunitas Biduan, Iluni UI dan Badan Ekonomi Kreartif (BEKRAF), Konser Kemanusiaan untuk korban gempa Palu dan Donggala ini sukses mengumpulkan donasi sebesar Rp 12,2 miliar. Tentu ini merupakan angka yang begitu fantastis.

Nominal tersebut berasal dari penonton konser kemanusiaan, kitabisa.com, komitmen individual, publik via rekening ILUNI UI, serta perusahaan e-commerce, Tokopedia. Triawan Munaf, selaku Kepala BEKRAF mengapresiasi antusiasme yang tinggi dari masyarakat untuk korban gempa Palu dan tsunami di Sulawesi Tengah.

"Saya sangat bersyukur banyak pihak mau ikut bahu membahu membantu saudara kita di Palu, Donggala, dan sekitarnya," kata Triawan Munaf lewat pernyataan tertulis yang diterima Liputan6.com Selasa (8/10/2018).

"Jumlah yang terkumpul juga melebihi ekspektasi. Kami berharap solidaritas yang muncul ini bisa terus terbangun untuk membantu saudara kita yang terkena bencana," sambung sang ketua BEKRAF.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konser Amal

Sejak Jumat siang (5/10/2018), ribuan orang kian memadati lokasi saat konser band beranggotakan Menteri Kabinet Kerja, Elek Yo Band ft. Tantowi Yahya dan Yuni Shara tampil dengan membawakan lima buah lagu.

Tak hanya itu, para menteri pun berhasil mengumpulkan Rp 6,25 miliar berkat hasil lelang, serta sumbangan langsung dari para pengusaha.

3 dari 3 halaman

Penyaluran

Dana yang berhasil terkumpul dari konser amal ini akan disalurkan langsung oleh ILUNI UI dalam bentuk makanan, pakaian, logistik, hingga bantuan kesehatan, pendampingan trauma, hingga pembangunan rumah-rumah sementara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.