Sukses

Penghargaan untuk Film Populer di Piala Oscar 2019 Dibatalkan

Kategori baru di Piala Oscar 2019 ini langsung mendapat tentangan luas.

Liputan6.com, Los Angeles - Baru-baru ini, sempat ada satu gonjang-ganjing dalam penyelenggaraan Piala Oscar 2019. Pasalnya, pihak penyelenggara, yakni Academy, sempat berniat untuk menghadirkan satu kategori baru dalam pelaksanaan perhelatan bergengsi di dunia perfilman ini. 

Ketagori itu adalah penghargaan yang khusus diberikan untuk film populer di Piala Oscar 2019.

Hal ini, diumumkan oleh pihak Academy melalui akun Twitter resmi mereka. "Sebuah kategori baru tengah didesain mengenai pencapaian film populer," tulis sang juru bicara pada Agustus lalu.

Pengumuman yang dibuat hanya beberapa bulan sebelum Piala Oscar 2019 diselenggarakan pada Februari mendatang ini, langsung mendapat tentangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Demi Film Superhero?

Sebagian orang menduga penghargaan kategori baru ini diberikan hanya demi kepentingan film-film superhero, laga, atau komedi yang masuk box office. Apalagi film-film populer seperti ini memang kebanyakan hanya masuk di kategori kecil, seperti efek visual atau tata rambut dan riasan terbaik.

"Lol apa kamu melakukannya untuk memberikan oscar kepada black panther. Sementara film superhero yang bagus seperti dark knight atau Logan tak dapat penghargaan gratis ini. Menyedihkan," tulis @intercosmicc.

"Bakal sangat menyedihkan saat Black Panther kalah dari 'film populer' Avengers Infinity War," tulis @vanillafart_.

"Ini bisa dibilang dot emas untuk bayi besar umur 40 tahun yang selalu mewek karena film superhero kesayangannya tak dapat nominasi," tutur @SeanMBurns.

3 dari 3 halaman

Tak Jadi Digelar

Melihat reaksi negatif ini, puhak Academy akhirnya mengurungkan niatnya. Penghargaan di kategori ini tak jadi diberikan dalam Piala Oscar 2019.

"Academy mengakui bahwa mengadakan suatu hal baru saat tahun ini telah mencapai bulan kesembilan, memberikan tantangan tersendiri untuk film-film yang telah dirilis," tulis juru bicara Academy, seperti dilansir dari E! News.

Academy juga mengatakan bahwa mereka akan terus mendengarkan saran dari berbagai pihak tentang kategori ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.