Sukses

Sandhy Sondoro Ogah Patenkan Karya di Indonesia

Sandhy Sondoro tak ingin mematenkan karyanya di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Walaupun sudah sukses di Indonesia, Sandhy Sondoro tampaknya tak ingin melupakan negara tempatnya memulai karier, Jerman. Buktinya, semua karya musiknya ia patenkan di negara asal Adolf Hitler itu.

Maklum, Sandhy Sondoro menganggap bahwa peraturan terhadap sebuah karya lebih jelas di Jerman dibandingkan Indonesia. Apalagi, saat ini ia juga memegang status warga negara kehormatan dari negara tersebut.

"Iya, semua karya saya dipatenkan di lembaga hak cipta Jerman. Jadi, nantinya saya akan lebih mudah diturunkan ke anak saya," ujar Sandhy Sondoro di Jakarta, beberapa waktu lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lebih Jelas

Sandhy Sondoro mengaku sengaja memilih Jerman untuk mematenkan karyanya lantaran di sana peraturan terhadap hak paten lebih jelas. "Di Jerman lebih jelas peraturannya enggak kaya di Indonesia yang badan hak ciptanya enggak ada kesatuannya," tuturnya.

"Lagian, saya memulai karier juga di Jerman jadi enggak salah saya juga. Terus di Jerman itu, kalau lagu saya diputar di radio pasti dapat uang, kalau di sini kan enggak," jelas ayah satu anak itu.

 

3 dari 3 halaman

Album Baru

Sementara itu, Sandhy Sondoro saat ini mengaku tengah mempersiapkan album terbarunya. Rencananya, album tersebut akan keluar pada 2018 mendatang.

"Baru selesai siapin album ketujuh, sekarang masih taraf revisi dari pihak label. Kalau secara teknikal udah kelar semua, kemungkinan Maret atau April," terangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.