Sukses

Di Pelaminan, Kahiyang Ayu - Bobby Nasution Makan Rujak Tapai

Pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di Solo, berjalan dengan khidmat dalam adat Jawa

Liputan6.com, Solo- Pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution yang berlangsung di Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah, pagi ini, Rabu (8/11/2017) berjalan dengan khidmat. Setelah ijab kabul yang berlangsung dengan lancar, pasangan pengantin ini lanjut melakukan sejumlah prosesi pernikahan dalam adat Jawa.

Salah satunya adalah Bubak Kawah. Dalam siaran secara langsung oleh Liputan6, prosesi ini dipandu oleh sang perias pengantin, Ibu Maryono. Prosesi diawali dengan Presiden Joko Widodo dan Iriana yang mencicipi segelas rujak degan dan rujak tapai.

Pernikahan Kahiyang Ayu - Bobby Nasution (Vidio.com)

Iriana mencicipi minuman ini dengan sekenanya, sementara Joko Widodo tampak beberapa kali menyeruput rujak tapai dan rujak degan. Selanjutnya, kedua pengantin juga mencicipi minuman ini.

Prosesi berlanjut dengan upacara Kacar-Kucur. Bobby mengucurkan beras, jagung, dan sejumlah bumbu dapur dari sebuah kantung ke dalam kain yang berada di tangan Kahiyang Ayu. Ini merupakan simbol bahwa Bobby siap menjadi orang yang menafkahi Kahiyang Ayu.

Setelah itu, sebuah prosesi ikonis lain dalam pernikahan digelar, yakni Dulangan. Dalam langkah ini, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution saling menyuapkan nasi kuning pada pasangan masing-masing.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bertabur Tamu Orang Penting

Sejumlah tokoh penting Tanah Air tampak hadir dalam perhelatan ini. Sejumlah mantan presiden dan wakil presiden seperti Megawati, Tri Sutrisno, Boediono, dan Susilo Bambang Yudhoyono, turut hadir untuk memberikan selamat pada kedua mempelai.

Pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. (Liputan6.com)

Diketahui bahwa Presiden Joko Widodo menyebar empat ribu undangan untuk pernikahan putri satu-satunya ini. Acara digelar dalam sesi yang berbeda, yakni pada pagi hingga siang hari ini, dan juga pada malam hari.

Tak hanya kalangan tokoh penting dan selebritas, ribuan warga pun datang untuk menyaksikan perhelatan ini walau mereka sebenarnya bukan tamu undangan. Mereka tak ingin melewatkan arak-arakan kereta kencana yang mengantar kedua mempelai ke lokasi pernikahan pada pagi tadi. Warga bahkan ikut bersorak dan bertepuk tangan saat Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution dinyatakan sah sebagai suami istri.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.