Sukses

Fildan Raih Point Tertinggi di Top 36 Dangdut Academy Asia 3

Fildan menjadi salah satu dari 6 wakil Indonesia yang bersinar di Dangdut Academy Asia 3

Liputan6.com, Jakarta Penampilannya sudah ditunggu-tunggu, Fildan tak menyia-siakan kesempatan mempertunjukan vokal terbaiknya di Dangdut Academy Asia 3 (D'Academy Asia 3). Masuk di Grup 5, Fildan pun sukses mengguncang panggung Konser Top 36 yang digelar Sabtu (28/10/2017) tadi malam.

"Sonia" adalah lagu yang dibawakan juara Dangdut Academy 4 tersebut tadi malam. Lagu ini sebenarnya sudah pernah dinyanyikan Fildan di panggung Dangdut Academy 4 lalu. Namun penampilannya tetap saja memukau para komentator. Tak hanya itu, juri dari enam negara bahkan sampai kehabisan kata-kata untuk mengungkapkan kekaguman mereka pada vokal dan aksi panggungnya. Alhasil, Fildan pun tak tertandingi di pucuk klasemen Grup 5.

Total nilai yang didapat Fildan sebesar 545 poin, jadi yang tertinggi dibanding pemimpin di empat grup lainnya yang sudah tampil. Meski masih ada satu grup terakhir di Konser Top 36 dengan Putri DA 4 sebagai wakil Indonesia, namun nilai yang akan didapatnya diprediksi tak akan setinggi raihan poin Fildan. Pasalnya, semua juri tadi malam memberikan nilai diatas 90 poin untuk Fildan.

Raihan poin Fildan sendiri jauh meninggalkan saingan beratnya, Darling (Malaysia) yang mendapat total nilai sebanyak 495 poin. Joaquim Soarez (Timor Leste) yang ada di peringkat 3 pun hanya mampu merauh 473 poin saja. Sementara akademia yang harus tersenggol adalah Nora Jehmae (Thailand) yang hanya mengumpulkan 437 poin.

Nora yang tampil membawakan lagu Secawan Madu sebelumnya memang mendapat banyak koreksi dari para komentator. Mas Idayu (Malaysia) di antaranya mengatakan, cengkok dangdut yang dimiliki Nora masih sangat kurang. Pitching nada pun ada di mana-mana, dan dinamika lagu juga sangat datar. Tak ada yang menarik dari penampilannya tersebut. Hal senada diungkap oleh hampir semua juri yang akhirnya memberi nilai rendah.

Berikutnya, jagoan Indonesia Putri DA 4 akan tampil di Grup 6 atau grup terakhir di Konser Top 36 D'Academy Asia 3. Putri akan memperebutkan tiket ke babak 30 Besar bersama Sunny Jackson (Singapura), Azizul Haqim (Malaysia), Yuhang Abdulloh (Thailand), Banun Omar (Brunei), dan Demetrio Benevides (Timor Leste).

Penampilan runner up Dangdut Academy 4 ini bisa disaksikan malam ini mulai pukul 19.30 WIB, hanya di Indosiar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.