Sukses

Kinerja Sari Roti Tak Sesuai Harapan, Ini Rekomendasi Sahamnya

Kinerja laba dan pendapatan PT Nippon Indosari Tbk tidak sesuai harapan hingga kuartal ketiga 2013.

Kinerja keuangan PT Nippon Indosari Tbk (ROTI) tidak sesuai harapan. Memang pendapatan perseroan naik sekitar 23,4% menjadi Rp 1,05 triliun hingga kuartal ketiga 2013. Meski demikian, perolehan pendapatan ini di bawah perkiraan PT Sinarmas Sekuritas.

Dalam ulasan PT Sinarmas Sekuritas, penurunan laba bersih sekitar 6,02% menjadi Rp 90,84 hingga kuartal ketiga 2013 merupakan hal mengejutkan.  

“Perolehan laba bersih itu 21,5 persen di bawah estimasi kami. Marjin laba bersih perseroan juga turun menjadi 8,6 persen,” seperti dikutip dari ulasan PT Sinarmas Sekuritas, Senin (4/11/2013).

Dalam ulasan PT Sinarmas Sekuritas, pendapatan perseroan stagnan sebesar Rp 350 miliar untuk periode Juli-September 2013. Laba bersih turun 23% menjadi Rp 15 miliar untuk periode Juli-September 2013.

“Penurunan disebabkan oleh beban bunga lebih tinggi, dan biaya upah lebih besar,” tulis ulasan PT Sinarmas Sekuritas.

Lebih lanjut dalam ulasannya, sebagian besar perusahaan manufaktur di Indonesia berjuang untuk mempertahankan marjinnya. Apalagi biaya meningkat pada semester kedua.

Biaya yang meningkat itu berasal dari upah minimum yang naik, harga gas dan listrik meningkat, dan rupiah melemah. Ditambah harga bahan bakar minyak (BBM) juga ikut naik.  Hal tersebut memberikan tekanan kepada perseroan terutama dalam jangka pendek.

Meski demikian, perseroan yang memiliki merek roti yang kuat dapat mempertahankan volume penjualan. Pada kuartal terakhir, perseroan telah menyesuaikan harga penjualan mengingat kenaikan biaya upah.

PT Sinarmas Sekuritas, melihat marjin bersih perseroan akan pulih seiring perseroan meningkatkan harga jual produknya pada pertengahan Oktober 2013.

“Kami percaya volume penjualan dapat dipertahankan apalagi ROTI memiliki produk nilai yang lebih baik dari pada yang lain,” ujar Analis PT Sinarmas Sekuritas, Rheza Mihardja.

Target Harga Saham

PT Sinarmas Sekuritas memberikan rekomendasi netral untuk saham PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. Target harga saham PT Nippon Indosari Corpindo Tbk di level Rp 6.650.

Pada perdagangan saham Senin (4/11/2013), saham ROTI bergerak turun 3,28% menjadi Rp 5.900 per saham. (Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.