Sukses

Venteny Selesai Gelar RUPST hingga RUPSLB, Apa Hasilnya?

Pemegang saham Venteny Fortuna International (VTNY) menyetujui penegasan status Perseroan sebagai PMDN dari PMA.

Liputan6.com, Jakarta - PT Venteny Fortuna International Tbk (VTNY) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Rabu, 29 Mei 2024. Venteny Fortuna International memiliki 5 mata acara dan 2 mata acara untuk RUPSLB

Salah satu agenda yang dipaparkan adalah persetujuan atas Laporan Tahunan Perseroan termasuk Laporan Keuangan dan Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2023.

Serta, memberikan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya (acquit et decharge) kepada seluruh anggota direksi atas tindakan pengurusan dan kepada dewan komisaris Perseroan atas Tindakan pengawasan yang telah dijalankan selama tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2023.

Agenda lainnya yang dipaparkan adalah persetujuan atas penetapan penggunaan laba bersih Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2023, penetapan gaji atau honorarium dan tunjangan untuk tahun buku 2024 kepada anggota Direksi dan anggota Dewan Komisaris Perseroan dan laporan Realisasi Penggunaan Dana Hasil Penawaran Umum Perdana Saham per 31 Desember 2023.

"Di tahun kedua Venteny menjadi perusahaan publik, kami dengan bangga mendedikasikan layanan terbaik kami untuk kemajuan perekonomian di Indonesia melalui pendanaan produktif untuk UMKM dan peningkatan kesejahteraan karyawan melalui Venteny Employee Super App. Kesuksesan kinerja Perseroan sepanjang 2023, tidak lepas dari kepercayaan masyarakat serta dukungan para pemangku kepentingan. Dengan semangat terus maju, Venteny akan menyongsong kinerja 2024 yang semakin cemerlang," kata Founder dan Group CEO Venteny, Jun Waide dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (30/5/2024).

Laporan kerja pada 2023 juga menunjukkan performa positif dengan mencatatkan pendapatan sebesar Rp 181,9 miliar sepanjang 2023 atau meningkat sebesar 149% dari tahun 2022 sebesar Rp 73,2 miliar. Dari raihan itu, perseroan membukukan laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 1,62 miliar. Laba itu naik 116,18% dari laba tahun sebelumnya yang tercatat sebesar Rp 748,58 juta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

RUPSLB Perseroan

Sementara, terdapat 2 mata acara pada RUPS Luar Biasa, yaitu Persetujuan penegasan pemegang saham dan penegasan status Perseroan serta Penyesuaian kegiatan usaha Perseroan. Pemegang saham menyetujui penegasan status Perseroan sebagai PMDN dari PMA.

Perubahan yang terjadi dilakukan untuk menunjang strategi bisnis Perseroan dalam melengkapi ekosistem bisnisnya. Diketahui pada 2023 Venteny telah melakukan beberapa strategi Perseroan di antaranya dengan kepemilikan saham sebesar 51% terhadap PT Lampung Berkah Finansial Teknologi (Lahan Sikam) dan di akhir tahun 2023 kepemilikan atas 30% saham dari PT Digitalisasi Perangkat Indonesia dengan 2 entitas di dalamnya yaitu Indofund dan Dipay.

Damar Raditya, COO Group dari Venteny menambahkan, perkembangan pesat yang diraih Perseroan sepanjang 2023 adalah hasil dari ekosistem bisnis perusahaan yang makin menjawab seluruh kebutuhan pemilik usaha, UMKM, karyawan baik swasta maupun pemerintahan.

"Venteny saat ini menjadi tujuan utama dari perusahaan mitra ketika membutuhkan akses pendanaan produktif maupun untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan mereka. Dan di 2023 lalu kami juga dengan bangga memperluas jangkauan Perseroan dengan membuka anak perusahaan di Jepang dan kantor representatif di Palembang," kata Damar.

 

3 dari 3 halaman

Perluas Jangkauan

Venteny juga diketahui menerapkan strategi keberlanjutan pada setiap pelaksanaan bisnisnya. Salah satunya dengan memikirkan aspek keberlanjutan dalam setiap pengambilan keputusan sebagai bentuk untuk menjaga kepentingan dan aspirasi para pemangku kepentingan.

Pada tahun lalu, Venteny bekerjasama dengan pihak ketiga, telah berhasil untuk mengelola 10.000 kg sampah plastik sebelum memasuki area perairan Indonesia. Selain itu strategi keberlanjutan untuk menjaga lingkungan juga dilakukan di internal perusahaan.

Pada 2024, Perseroan akan makin memperluas jangkauan dengan membuka beberapa kantor representatif lainnya di beberapa wilayah di Indonesia.

Perseroan mengambil andil dalam mempercepat proses digitalisasi dari bisnis proses UMKM yang ada di Indonesia dengan teknologi yang Perseroan kembangkan dengan menggandeng pemerintahan dan asosiasi. Selain itu, dengan strategi bisnis yang dilakukan Perseroan, makin memantapkan Venteny Employee Super App sebagai go-to-app untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan di Indonesia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini