Sukses

Matahari Bukukan Laba Bersih Rp 326 Miliar di Kuartal I 2024

Progres pembaruan Matahari Department Store berjalan sesuai rencana, dengan rencana penutupan 8 dari 10 gerai pada 2024 sudah difinalisasi dengan para pemilik gedung.

Liputan6.com, Jakarta - PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) mampu membukukan penjualan Rp 3,7 triliun pada kuartal I 2024. Angka ini naik 35,9% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Dari penjualan tersebut,  Matahari mampu mencetak laba Bersih sebesar Rp 326 Miliar di kuartal I 2024.  

CEO Matahari Monish Mansukhani menjelaskan, realisasi dari penjualan tersebut dengan Pertumbuhan Penjualan Gerai yang Sama (SSSG) sebesar 34,3%, yang didorong oleh musim Lebaran lebih awal dibandingkan tahun lalu. Kinerja dua bulan pertama menghasilkan SSSG 0,7%, sementara di periode Lebaran mencapai SSSG -2,4%.

Meskipun terjadi penurunan Margin Kotor di kuartal 1 2024 menjadi 34,9% dari 35,4% tahun lalu karena aktivitas penghabisan stok di Januari dan Februari, Margin Kotor selama Lebaran tahun ini meningkat 0,2% dari periode yang sama tahun lalu.

"EBITDA Perseroan pada kuartal 1 2024 mencapai Rp 519 Miliar, sementara Laba Bersih sebesar Rp 326 Miliar, hampir separuh dari angka total tahun lalu." kata Monish dalam keterangan tertulis, Kamis (2/5/2024).

Strategi pembelian yang efektif dan jadwal terkait musim Lebaran memungkinkan Perseroan untuk menutup kuartal ini dengan stok yang 27% lebih rendah dibanding kuartal 1 di tahun sebelumnya, sehingga menempatkan bisnis di dalam posisi yang lebih baik dari sudut pandang penyelesaian stok.

Perkembangan dari inisiatif diantaranya pembukaan gerai dengan konsep baru di AEON Deltamas yang mendapat tanggapan positif dari konsumen. Pendekatan yang lebih selektif terkait pembukaan gerai baru telah mengubah target pembukaan gerai menjadi 3 sampai 4 gerai baru di 2024.

Progres pembaruan gerai juga berjalan sesuai rencana, dengan rencana penutupan 8 dari 10 gerai pada 2024 sudah difinalisasi dengan para pemilik gedung. Di sisi lain, kanal digital terus dikembangkan dengan terus meningkatkan pengalaman pelanggan dan teknologi melalui penawaran lebih banyak pilihan produk, strategi pemasaran dan rewards yang dipersonalisasi, serta meningkatkan fitur UI/UX.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terdampak Faktor Makroekonomi

Monish melanjutkan, portofolio merchandise Matahari terus berkembang, dengan dilakukannya rebranding merek eksklusif baru-baru ini dan ekspansi gerai SUKO. Selain itu, lebih dari 30 merek pihak ketiga baru telah diperkenalkan tahun ini untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di segmen berpendapatan lebih tinggi.

Pada saat yang sama, Perseroan menarik perhatian konsumen muda melalui inisiatif media sosial, membangun komunitas, dan upaya pemasaran yang dipersonalisasi.

“Kinerja kami selama musim Lebaran ini telah terkena dampak oleh faktor-faktor makroekonomi seperti penurunan pengeluaran di segmen menengah ke bawah, Matahari terus secara aktif mengidentifikasi area-area di mana dapat meningkatkan operasional bisnis, mengembangkan penawaran produk, dan menyempurnakan pendekatan strategis.

"Meskipun terdapat hambatan, kami terus berkomitmen untuk memajukan inisiatif strategis kami agar bisnis kami lebih siap bagi peluang di masa depan,” pungkas Monish Mansukhani.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini