Sukses

Intip Gerak Harga Saham UNTR Hari Ini 22 September 2023

PT United Tractors Tbk (UNTR) telah rampungkan akuisisi Nickel Industries Limited (NIC). Lalu bagaimana gerak harga saham UNTR?

Liputan6.com, Jakarta - Harga saham PT United Tractors Tbk (UNTR) berada di zona hijau pada perdagangan sesi I, Jumat, 22 September 2023. Harga saham UNTR mengalami penguatan 0,44 persen ke posisi Rp 28.450 per saham.

Melansir data RTI, saham UNTR dibuka melemah pada posisi Rp 28.250 dari harga awal Rp 28.325. Saham UNTR berada di level tertinggi Rp 28.525 dan terendah Rp 28.175 per saham. Total frekuensi perdagangan UNTR hari ini tercatat sebanyak 1.869 kali dengan volume perdagangan 934,90 ribu dan nilai transaksi Rp 26,54 miliar.

Dalam sepekan ini, harga saham UNTR menguat 0,09 persen. Saham UNTR berada di level tertinggi Rp 28.775 dan terendah Rp 28.025 per saham sepekan terakhir.

Sedangkan secara year to date (ytd) saham UNTR menguat 9,11 persen. Saham UNTR berada di level tertinggi Rp 31.700 dan terendah Rp 22.200 per saham secara year to date.

Sebelumnya, PT United Tractors Tbk (UNTR) melalui anak perusahaan yang seluruh sahamnya dimiliki Perseroan, PT Danusa Tambang Nusantara (DTN), telah menyelesaikan transaksi dengan Nickel Industries Limited (NIC) atas pengambilan 857 juta saham biasa baru yang dikeluarkan NIC setara dengan Rp 9,3 triliun (asumsi kurs Rp 9.874,65).

"Total nilai transaksi adalah sebesar AUD$942,7 juta," kata Sekretaris Perusahaan United Tractors Sara K Loebis dalam keterangan resminya, Jumat (22/9/2023).

 

NIC adalah perusahaan terkemuka di bidang pertambangan dan pengolahan nikel terintegrasi dengan aset utama yang berlokasi di dalam atau dekat dengan Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Sulawesi dan Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP), Halmahera.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ekspansi di Industri Mineral

Sementara itu, NIC memiliki 80 persen saham di PT Hengjaya Mineralindo (perusahaan tambang nikel) yang merupakan salah satu pemasok terbesar bijih limonit dan saprolit high-grade ke IMIP. NIC memiliki saham mayoritas dan mengoperasikan dua belas lines Rotary Kiln Electric Furnace (RKEF).

Dikutip dari Half Year 2023 Reports yang di disampaikan oleh NIC, sepanjang semester I 2023, NIC telah memproduksi sebanyak 59.957 ton logam nikel yang terdiri dari 49.792 ton Nickel Pig Iron (NPI) dan 10.165 ton Nickel Matte dari fasilitas smelter yang dimiliki dan telah menambang sebanyak 5,2 juta wet metric tons (wmt) bijih nikel yang terdiri dari 1,4 juta wmt bijih saprolit dan sebanyak 3,8 juta wmt bijih limonit dari tambang nikel Hengjaya.

Aksi strategis United Tractors dalam pengambilan 19,99 persen kepemilikan saham di NIC merupakan salah satu langkah penting dalam diversifikasi dan ekspansi bisnis di industri mineral.

 

3 dari 4 halaman

United Tractors Menuju Akuisisi Tambang Nikel Rp 9,38 Triliun

Sebelumnya, PT United Tractors Tbk melalui anak usahanya bakal mengakuisisi 19,99 persen saham Nickel Industries Limited (NIC) senilai 943 juta dolar Australia atau setara Rp 9,38 triliun (asumsi kurs Rp 9.951 per dolar Australia).

United Tractors melalui anak perusahaan yang seluruh sahamnya dimiliki Perseroan, PT Danusa Tambang Nusantara, mengumumkan penandatanganan Share Subscription Agreement (SSA) untuk melakukan pengambilan 19,99%  kepemilikan saham di Nickel Industries Limited yang tercatat di Australian Securities Exchange Ltd (ASX) pada hari ini, Jumat, 9 Juni 2023.

Presiden Direktur United Tractors Frans Kesuma mengatakan, akuisisi strategis saham minoritas di industri nikel merupakan langkah penting dalam diversifikasi bisnis perusahaan.

Langkah ini akan membangun strategi nikel terintegrasi dan ekspansi grup perseroan dalam rantai pasok kendaraan listrik. PT Danusa Tambang Nusantara juga telah menandatangani suatu perjanjian tidak mengikat untuk berpartisipasi dalam investasi langsung pada pembangunan fasilitas pengolahan HPAL NIC yang akan datang (Collaboration Agreement). 

Menurut ia, investasi ini jika dilakukan berpotensi memberikan peluang lebih lanjut bagi perseroan untuk memperluas portofolionya dalam produksi nikel yang penting bagi pengembangan baterai dan kendaraan listrik.

Keputusan PT Danusa Tambang Nusantara untuk melakukan investasi tersebut bergantung pada pemenuhan prasyarat tertentu dan penyelesaian uji tuntas yang dapat diterima perseroan.  

"Secara keseluruhan, investasi ini sejalan dengan salah satu aspirasi keberlanjutan perseroan, yaitu mengembangkan dan mencapai portofolio bisnis yang tangguh dan berkelanjutan, terutama di sektor non-batubara," kata Frans dalam keterangan resminya, Jumat (9/6/2023).

Selain itu, penyelesaian transaksi tidak bergantung pada dilaksanakannya investasi oleh PT Danusa Tambang Nusantara berdasarkan Collaboration Agreement.

 

4 dari 4 halaman

Pengolahan Nikel Terintegrasi

Berdasarkan SSA, NIC akan menerbitkan sejumlah 857 juta saham biasa baru kepada Perseroan dengan harga 1,10 dolar Australia per saham dengan total investasi Perseroan sebesar 943 juta dolar Australia.

Penyelesaian transaksi ini tergantung pada pemenuhan prasyarat tertentu, termasuk persetujuan dari pemegang saham NIC berdasarkan peraturan pencatatan ASX. 

NIC adalah perusahaan terkemuka di bidang pertambangan dan pengolahan nikel terintegrasi dengan aset utama yang berlokasi di dalam atau dekat dengan Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Sulawesi dan Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP), Halmahera. 

NIC memiliki 80%  saham di PT Hengjaya Mineralindo (perusahaan tambang nikel) yang merupakan salah satu pemasok terbesar bijih limonit dan saprolit high-grade ke IMIP. NIC memiliki saham mayoritas pada dan mengoperasikan dua belas lines rotary kiln electric furnace (RKEF). 

Bahkan, NIC juga memperluas strategi nikel baterai melalui konversi RKEF lines yang sudah ada untuk memproduksi class 1 nickel matte, serta melalui perjanjian untuk membangun fasilitas pengolahan High-Pressure Acid Leach (HPAL), untuk memasok permintaan pasar atas baterai kendaraan listrik yang terus meningkat.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini