Sukses

Dikabarkan Bakal Lepas Saham ke Publik, Begini Perkembangan IPO PalmCo

Bursa Efek Indonesia (BEI) angkat bicara mengenai IPO sejumlah perusahaan termasuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Liputan6.com, Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan belum menerima dokumen terkait penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) sub holding kelapa sawit milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III, PalmCo

Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna menuturkan, pihaknya belum menerima dokumen IPO dari PalmCo. 

"Kalau state-owned enterprises dan subsidiaries ada beberapa. Yang disebutkan (PalmCo) belum kasih dokumennya,” kata I Gede Nyoman saat ditemui di BEI, Senin (24/7/2023).

Sebelumnya, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III sedang menyelesaikan penggabungan empat anak perusahaan perkebunan menjadi unit PalmCo yang baru didirikan bulan ini. Selain itu, PalmCo ditargetkan bakal melantai di pasar modal pada akhir 2023 dengan mengincar dana hingga Rp 10 triliun. 

Direktur Utama Perkebunan Nusantara Mohammad Abdul Ghani mengatakan, pihaknya sedang menunggu persetujuan resmi dari kreditur bulan ini yang akan membuka jalan bagi proses penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) untuk segera dimulai.

Dalam IPO tersebut, Mandiri Sekuritas, DBS, BNP Paribas, CIMB telah ditunjuk sebagai penjamin emisi. Meski demikian, Ghani belum bisa menjabarkan secara rinci terkait target IPO.

Ghani mengatakan, pada tahun lalu perusahaan berharap dapat mengumpulkan antara Rp 5 triliun - Rp 10 triliun dari penawaran 20 persen saham.  

"Dana tersebut akan kami gunakan untuk investasi proyek industri hilir, termasuk produksi energi terbarukan,” kata Ghani, dikutip dari Financial Post, Senin, 12 Juni 2023. 

Di samping itu, PTPN III akan memulai pembangunan pabrik biodiesel di kawasan ekonomi Sei Mangke, Sumatera Utara, tahun ini, dengan target mulai berproduksi pada Januari 2024.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

PTPN III Dongkrak Produksi Minyak Goreng

PTPN III juga berencana meningkatkan produksi minyak goreng tahunan menjadi 1,8 juta ton pada 2026 dari 460.000 ton. Kedua proyek tersebut akan membutuhkan pengeluaran sekitar USD 270 juta, termasuk biaya untuk memperluas perkebunan menjadi 650.000 hektar selama lima tahun ke depan.

Grup juga berencana mengembangkan pabrik gula untuk mendukung program swasembada pangan dan energi nasional. Indonesia adalah pembeli gula mentah terbesar di dunia, menurut laporan Dinas Pertanian Luar Negeri Departemen Pertanian AS.

Entitas baru lainnya bernama SugarCo akan didirikan dalam upaya untuk meningkatkan produksi tahunan menjadi 2,1 juta ton pada 2026 dari 768.000 ton saat ini.

Perusahaan menggandakan perkebunan tebu menjadi 100.000 hektar dengan mengkonversi beberapa perkebunan karet, kopi atau kakao dan mengimpor varietas tebu baru dari Australia dan Brazil. Perkiraan lain Rp 16 triliun akan dibutuhkan untuk rencana tersebut.

3 dari 4 halaman

Erick Thohir Soal IPO PHE dan PalmCo: Kalau Bisa Tahun Ini Kenapa Tidak

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir memberikan kabar terbaru mengenai rencana Pertamina Hulu Energi (PHE) dan PalmCo akan melantai perdana di bursa saham atau Initial Public Offering (IPO). Terbuka peluang keduanya melantai di bursa pada tahun ini.

Diketahui, PHE yang merupakan anak usaha PT Pertamina (Persero) ini berencana untuk mengikuti langkah Pertamina Geotherman Energy (PGE) yang lebih dulu melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sementara, subholding PT Perkebunan Nusantara (PTPN), PalmCo juga disebut akan melakukan hal yang sama.

"(Anak usaha) PTPN dan Pertamina kalau bisa tahun ini kenapa tidak?," ujarnya saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (15/6/2023).

Dia menuturkan, langkah ini menjadi satu momentum untuk menjaga ketahanan energi Indonesia. Terkait rencana IPO PHE, dia menilai itu bisa jadi salah satu upaya untuk meningkatkan produksi minyak san gas bumi (migas) dalam negeri.

"Karena ini momentum kita fokus meningkatkan energi ketahanan yang kita harus pastikan dan tentu rencana ini tidak lain untuk meningkatkan dari produksi minyak kita, kalau bisa ya 5 persen naik setiap ininya, gas juga harus kita tingkatkan prpduktivitasnya," urainya.

 

 

4 dari 4 halaman

Bidik Pemanfaatan Sumber Energi Bersih

Sama halnya dengan sektor perkebunan. Erick menilai bisa jadi bagian membidik pemanfaatan sumber energi bersih. Seperti halnya gula yang tak hanya diamanfaatkan untuk sektor pangan.

"Kalau kita lihat PTPN yang namanya gula itu bagian dari energi juga sekarang, tidak hanya untuk pangan, dan ini jadi tren kalo kita liat banyak perusahaan-perusahaan minyak juga mengakuisisi perkebunan sekarang di dunia, itu sebuah tren baru ini saya rasa dunia mengharapkan ada green energy dan kebetulan kita banyak sekali potensi," paparnya.

Kendati begitu, dia belum bisa memastikan mana yang akan melantai lebih dulu. Apakah PHE atau PalmCo dalam sisa waktu hingga akhir tahun ini. "Belum tahu nanti proses dari bursanya sendiri," pungkas Erick Thohir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Bursa Efek Indonesia atau BEI adalah salah satu tempat yang memperjualbelikan saham, obligasi, dan sebagainya di Indonesia.

    BEI

  • IPO adalah singkatan dari Initial Public Offering.

    IPO

  • PalmCo

  • PTPN III