Sukses

MUFG dan Bank Danamon Gelar Business and Investment Matching Fair, Jembatani Startup Lokal dan Investor

Sesi Business Matching secara daring telah diadakan pada tanggal 22 dan 24 Februari, sedangkan sesi tatap muka digelar pada 27 februari 2023.

Liputan6.com, Jakarta MUFG Bank, Ltd. (“MUFG) dan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) menggelar Business and Investment Matching Fair. Kegiatan ini bertujuan  menghubungkan nasabah korporat dalam ekosistem MUFG dan memberikan akses bagi usaha rintisan (start-up) untuk menjangkau calon investor.

Sekitar 115 nasabah, 150 start-up, dan tiga entitas pembiayaan milik MUFG hadir dalam dua acara tersebut. Sesi Business Matching secara daring telah diadakan pada tanggal 22 dan 24 Februari, sedangkan sesi tatap muka diadakan hari ini.

Yasushi Itagaki, Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia Tbk mengatakan jika Danamon dan MUFG berharap kegiatan ini bisa memberikan nilai tambah bagi seluruh nasabah dalam ekosistem MUFG. Tidak hanya bagi yang berada di Indonesia tetapi juga negara lain.

Dia mengatakan acara ini menjadi peluang nasabah terhubung dengan jaringan MUFG yang terdiri dari perusahaan Jepang dan Asia. "Selain itu, nasabah dapat mengidentifikasi kemitraan dan prospek pasca-COVID yang tidak diragukan lagi akan muncul dengan pembukaan kembali Indonesia dan kawasan sekitarnya. Investment Matching Fair untuk para start-up juga akan menjadi pembuka mata kita semua, dan kami berharap dapat bertemu dengan perusahaan-perusahaan menjanjikan yang dapat bekerja sama dengan Danamon di masa mendatang. Kami bertekad mewujudkan komitmen kami, yaitu tumbuh bersama nasabah kami dan membantu mereka menemukan peluang di mana mereka dapat memperkuat bisnis mereka melalui kolaborasi antara MUFG dan Danamon,” ujar dia, Senin (27/2/2023),

Untuk pertama kalinya, MUFG dan Danamon juga mengadakan forum Investment Matching untuk para start-up. Forum Investment Matching ini didukung oleh unit investasi MUFG, yakni MUIP, KFIN dan MARS Capital, yang bertemu dengan para start-up Indonesia untuk memberikan wawasan bisnis. 

Acara Business Matching Fair yang diadakan setiap tahun tersebut merupakan platform yang memungkinkan MUFG dan Danamon untuk menghubungkan nasabah kedua bank bertemu dan berjejaring, bertukar wawasan bisnis, menjajaki peluang kolaborasi, dan pada akhirnya diharapkan dapat berujung pada kesepakatan bisnis.

Untuk pertama kalinya, Investment Matching Fair, yang melengkapi acara Business Matching, diadakan untuk para start-up Indonesia bertemu dan berjejaring dengan berbagai entitas pembiayaan MUFG dan mendiskusikan peluang kolaborasi.

Acara ini merupakan kelanjutan dari penempatan dana sebesar US$100 juta untuk pendirian modal ventura yang berfokus di Indonesia, bernama MUFG Innovation Garuda No. 1 Limited Investment Partnership (“Garuda Fund”) oleh Danamon, MUFG dan MUIP.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Digelar di Negara Lain

Agenda Business Matching serupa juga diadakan di negara lain oleh mitra strategis MUFG lainnya, Krungsri (Bank of Ayudhya) di Thailand dan Security Bank di Filipina. Acara ini dapat memberikan kesempatan bagi nasabah Danamon untuk membangun koneksi bisnis dengan nasabah anak perusahaan MUFG dan mitra bank, serta korporasi di Jepang.

Kazushige Nakajima, Executive Officer, Country Head of Indonesia, MUFG Bank, Ltd menegaskan jika acara ini penting bagi MUFG dan Danamon karena mencakup dan memenuhi kebutuhan kedua sisi supply-demand chain dalam ekosistem MUFG.

"Business and Investment Matching Fair tahun ini bertujuan untuk menegaskan kembali komitmen kami, yakni tidak hanya mendukung dimulainya kembali geliat bisnis di sektor-sektor utama pasca pandemi, tetapi juga menyoroti kancah start-up yang menjanjikan di Indonesia. Bersama dengan Danamon dan mitra investment fund MUFG, kami berharap dapat terhubung dengan start-up Indonesia dan mengeksplorasi ide-ide baru untuk berkolaborasi dan membantu dunia usaha untuk mengambil langkah menuju pertumbuhan yang berkelanjutan,” ujar dia.

Honggo Widjojo Kangmasto, Wakil Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia Tbk menambahkan, Danamon dan MUFG telah membangun basis yang kuat untuk mendukung investasi strategis di industri start-up digital Indonesia yang sangat kompetitif. Sebagai investor jangka panjang di Indonesia, MUFG menyediakan ekosistem yang memungkinkan Danamon menjalin kolaborasi antara investor strategis dan start-up dengan skala bisnis dan kapabilitas digital.

"Kolaborasi ini memungkinkan Danamon untuk memperkuat penawaran produk, mengamankan akses ke basis nasabah yang lebih beragam, dan menumbuhkan industri keuangan melalui inovasi digital. Kami berharap para nasabah kami dapat memperoleh manfaat dari acara hari ini dan terus mempercayai Danamon sebagai mitra bank pilihan untuk membantu mereka memegang kendali atas kebutuhan dan tujuan keuangan mereka,” jelasnya.

Kedua acara ini diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan nasabah Danamon dan MUFG dengan rantai nilai ekosistem MUFG. Melalui semangat “One MUFG”, MUFG dan Danamon berharap dapat memberikan pendekatan holistik bagi nasabah korporasi dengan pilihan produk dan layanan keuangan yang komprehensif, yang didukung oleh jaringan global MUFG. Dengan pendekatan ini, para nasabah diharapkan dapat mengembangkan bisnis mereka secara berkelanjutan untuk jangka panjang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini