Sukses

Bursa Saham Asia Beragam, Indeks Nikkei Kembali Koreksi

Bursa saham Asia Pasifik beragam pada perdagangan Rabu, 21 Desember 2022 di tengah wall street yang menguat.

Liputan6.com, Singapura - Bursa saham Asia Pasifik bervariasi pada perdagangan Rabu, (21/12/2022) setelah wall street menguat. Pergerakan bursa saham global itu terjaadi setelah imbal hasil obligasi menguat setelah Bank of Japan atau bank sentral Jepang menyesuaikan yield curve control (YCC).

Bursa saham Jepang melanjutkan koreksi pada hari kedua perdagangan. Indeks Nikkei 225 melemah 0,98 persen dan indeks Topix susut 0,65 persen. Yen Jepang berada di posisi 131,62 terhadap dolar AS. Indeks Kospi Korea Selatan cenderung mendatar.

Indeks ASX di Australia naik 1,39 persen pada perdagangan Rabu pagi. Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong dijadwalkan untuk bertemu dengan mitranya dari China Wang Yi di Beijing. Kepada wartawan, Wong menuturkan, pihaknya akan mendorong China cabut sanksi perdagangan dan mencari akses konsuler untuk dua warga Australia yang ditahan.

Sementara itu, Hong Kong mengumumkan Chief Executive John Lee akan berkunjung ke Beijing sebagai bagian dari kunjungan tahunannya hingga Sabtu, 24 Desember 2022 untuk memberikan pengarahan kepada pemimpin negara tentang situasi ekonomi, sosial dan politik kota.

Yen Jepang kembali melanjut setelah Bank of Japan mengumumkan untuk memperlebar kurva kontrol kurva imbal hasil. Yen menguat lebih dari lima persen terhadap dolar Australia dan Selandia Baru. Sementara terhadap dolar AS menguat 3 persen.   

Saham keuangan dan bank yang terdaftar di bursa Jepang naik pada hari kedua. Sedangkan indeks Nikkei 225 melemah. Saham grup Mitsubishi UFJ Financial naik lebih dari 8 persen. Saham grup Sumitomo Mitsui Financial mendaki lebih dari 6 persen dan Mizuho bertambah lebih dari 4 persen.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penutupan Wall Street pada 20 Desember 2022

Sebelumnya, bursa saham Amerika Serikat (AS) atau wall street pada perdagangan Selasa, 20 Desember 2022. Wall street menepis langkah mengejutkan dari Bank of Japan atau bank sentral Jepang yang mendorong imbal hasil obligasi menguat.

Selain itu, investor juga mengabaikan kekhawatiran kalau reli akhir tahun mungkin tidak akan terjadi. Pada penutupan perdagangan wall street, indeks Dow Jones naik 92,20 poin atau 0,28 persen ke posisi 32.849,74. Indeks S&P 500 menguat 0,10 persen menjadi 3.821,62. Indeks Nasdaq bertambah 0,01 persen menjadi 10.547,11.

Bank of Japan bergerak memperluas batasannya pada imbal hasil obligasi pemerintah Jepang bertenor 10 tahun membuat pelaku pasar lengah dan mendorong saham berjangka turun, pada awal sesi perdagangan. Itu menambah tekanan dari bank sentral lainnya yang hawkish. Hal ini setelah pekan lalu bank sentral Eropa dan the Federal Reserve (the Fed) menaikkan suku bunga.

 

3 dari 4 halaman

Langkah Bank Sentral

Saham pulih seiring pelaku pasar menilai pergerakan bank sentral dan bertaruh kalau sebagian besar akan menghentikan kenaikan suku bunga pada 2023.

“Lebih dari 90 persen bank sentral telah menaikkan suku bunga tahun ini membuat sebagian besar upaya terkoordinasi global belum pernah terjadi sebelumnya,” ujar Fixed Income Strategist LPL Financial, Lawrence Gillum, dikutip dari CNBC, Rabu (21/12/2022).

“Berita bagus? Kami pikir mendekati akhir dari siklus kenaikan suku bunga ini yang dapat kurangi angin sakal yang telah kami lihat di pasar keuangan global tahun ini,” ia menambahkan.

 

4 dari 4 halaman

Kapitalisasi Pasar Saham Merosot

Wall street meski menguat pada perdagangan Selasa, 20 Desember 2022, saham berada di zona merah dalam sepekan. Indeks Dow Jones turun 5,03 persen pada Desember 2022. Indeks S&P 500 tergelincir 6,34 persen dan indeks Nasdaq terpangkas 8,03 persen.

Sejumlah perusahaan besar akan melaporkan hasil kuartalan pekan ini jelang liburan Natal. Nike dan FedEx akan laporkan kinerja. Di sisi lain, pekan ini juga menjanjikan banyak informasi mengenai industri perumahan. Data penjualan rumah lama dan baru akan dirilis pada Rabu dan Jumat pekan ini. Laporan pengeluaran konsumsi pribadi pada November, ukuran inflasi yang disukai the Fed akan rilis pada Jumat pekan ini.

Sementara itu, ini merupakan tahun yang sulit untuk saham yang berada di wilayah bearish atau koreksi dan merosot year to date (ytd). Kapitalisasi pasar saham AS merosot USD 11,7 triliun, berdasarkan data Bespoke Group.

“Penarikan maksimal adalah USD 13,6 triliun, pada titik terendah 30 September. Jadi kami telah melihat peningkatan kapitalisasi pasar hanya di bawah USD 2 triliun sejak saat itu. Dalam dolar AS, penarikan ini lebih ekstrem dari apa pun yang pernah dialami investor, itu sangat deflasi jika Anda bertanya kepada kami,” tulsi analis dikutip dari CNBC, Rabu (21/12/2022).

Dari kapitalisasi pasar yang susut USD 11,7 triliun, kerugian lebih dari USD 5 triliun hanya berasal dari lima perusahaan antara lain Apple, Microsoft, Amazon, Alphabet, Meta dan Tesla.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.