Sukses

Dana Modal Ventura yang Didukung Oligarki Rusia Abramovich Hapus Semua Jejak Operasi Online

Impulse VC, dana investasi berkantor di Rusia dan Jerman, menghapus hampir setiap bagian dari situs web mereka yang mengidentifikasi siapa mereka.

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan dana modal ventura yang didukung miliarder Rusia yang terkena sanksi Roman Abramovich diketahui berusaha untuk menghapus jejak operasinya, sejak kena sanksi oleh Inggris dan Uni Eropa saat Kremlin mengobarkan perang di Ukraina.

Melansir laman CNBC, Sabtu (26/3/2022), Impulse VC, dana investasi berkantor di Rusia dan Jerman, menghapus hampir setiap bagian dari situs web mereka yang mengidentifikasi siapa mereka. Situs web mereka pada publikasi cerita ini hanya menampilkan nama mereka "Impuls."

Namun, pencarian di arsip internet Wayback Machine menunjukkan bahwa dalam penumpukan sanksi kepada Abramovich oleh sekutu AS, situs dana tersebut menunjukkan rincian ekstensif tentang operasi dan investornya, termasuk portofolio, lokasi kantor, dan target investasi di perusahaan perspektif.

Abramovich menjadi pemilik sepak bola Inggris, Chelsea F.C. Miliarder itu telah mencoba menjual tim tersebut, tetapi dengan sanksi Inggris yang sekarang berlaku, pemerintah sekarang memiliki suara dalam proses penjualan.

Sanksi UE dan Inggris berusaha membekukan aset Abramovich sambil membatasi perjalanannya. Seorang juru bicara Chelsea menolak berkomentar. Dia mengatakan akan meneruskan pertanyaan CNBC ke juru bicara pribadi Abramovich, yang tidak segera menanggapi.

Pemimpin Impulse VC juga tidak menanggapi beberapa email yang meminta komentar. Penelitian yang dilakukan oleh PitchBook menunjukkan Abramovich adalah investor utamanya.

Meskipun tidak jelas berapa banyak yang telah dimasukkan Abramovich ke dalam dana tersebut, PitchBook menunjukkan bahwa miliarder Rusia telah membantu membiayai transaksi modal ventura, baik melalui Impulse dan kendaraan investasi terpisahnya, Norma Investments, yang bernilai rata-rata USD 6,65 juta.

"Beberapa investasi terkait Abramovich melalui Impulse dan Norma Investments berbasis di Amerika Serikat," menurut penjelasan PitchBook.

Eksekutif industri mengatakan dana modal ventura yang terkait dengan eksekutif Rusia kemungkinan tidak akan dapat menghindari dampak sanksi saat ini dan di masa depan, termasuk yang oleh Amerika Serikat.

“Saya tidak melihat bagaimana dana VC akan dibebaskan dari sanksi saat ini dan di masa depan terhadap oligarki Rusia,” Charles Myers, ketua perusahaan penasihat Signum Global Advisors, mengatakan dalam sebuah wawancara.

“Jadi jika Abramovich dikenai sanksi di AS, VC dan dana ekuitas swasta harus mengeluarkan modalnya yang akan disita dan dibekukan oleh Departemen Keuangan Amerika Serikat,” tambahnya.

Impulse adalah perusahaan terbaru yang didukung Abramovich yang tampaknya berada di bawah sorotan sanksi publik.

The Wall Street Journal melaporkan bahwa Norma Investments yang terdaftar di Kepulauan Virgin Britania Raya berada di bawah kendali rekan bisnis Abramovich beberapa jam setelah Rusia memulai invasi mereka ke Ukraina.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mencakup Lebih Dari 60 Perusahaan

Situs web tisu impulsSitus web Impulse yang diarsipkan dari Februari menunjukkan dana modal ventura yang umumnya diinvestasikan antara USD 250.000 hingga USD 5 juta.

Kriteria investasi situs mereka mengatakan bahwa mereka mencari perusahaan yang memiliki ”$1 miliar + nilai potensial”.

Situs sebelumnya juga mencatat bahwa portofolio Impulse mencakup lebih dari 60 perusahaan dari seluruh dunia. Investasi mereka berfokus pada perusahaan di AS, UE, Inggris, dan Rusia, kata situs yang diarsipkan.

Worksuite, sebuah perusahaan yang berbasis di San Francisco, melihat investasi awal dari Impulse dengan Abramovich yang diberi label PitchBook sebagai "mitra utama" untuk kesepakatan tersebut.

Worksuite adalah perusahaan perangkat lunak manajemen tempat kerja yang melihat investasi awal senilai jutaan dolar dari Impulse mulai tahun 2016, menurut penelitian PitchBook.

Perwakilan Worksuite tidak mengembalikan permintaan komentar sebelum dipublikasikan.

Genome Protection dan OncoTartis, dua perusahaan riset obat yang berkantor pusat di New York, mendapatkan jutaan dana ventura dari Abramovich melalui Norma Investments-nya.

Perusahaan yang berbasis di AS yang melihat investasi awal dari Abramovich tidak membalas permintaan komentar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.