Sukses

Strategi PTPP Dongkrak Kinerja Keuangan pada 2022

Liputan6.com, Jakarta - PT PP (Persero) Tbk (PTPP) berencana melakukan asset recycling baik untuk sektor properti maupun non properti. Upaya tersebut ditempuh untuk memperkuat kinerja keuangan serta untuk mencapai target perseroan pada 2022.

Perseroan akan melakukan divestasi atau asset recycling pada penjualan peralatan berat konstruksi. Hasil divestasi tersebut akan digunakan untuk pembaharuan dan investasi alat-alat berat baru yang disesuaikan dengan kebutuhan PT PP Tbk dan anak perusahaan saat ini, seperti pada kebutuhan area pertambangan.

PTPP juga akan melakukan asset recycling melalui skema pelepasan saham pada empat perusahaan patungan yang didirikan oleh PTPP maupun anak usahanya di sektor properti, pembangkit listrik, dan minyak bumi.

Sebagai salah satu langkah untuk mewujudkan percepatan asset recycling di bidang properti, PTPP bekerjasama dengan PT Danareksa Sekuritas (Persero) akan meluncurkan program percepatan peningkatan kinerja pasca pandemi.

Program tersebut diharapkan dapat membuka peluang bagi para investor untuk memiliki aset-aset persediaan properti yang dikelola oleh BUMN konstruksi. Program ini dilakukan melalui mekanisme pelepasan aset (monetisasi aset) yang telah ditetapkan.

Sebanyak 19 aset properti yang dimiliki oleh PT PP Properti Tbk (PPRO) dan PT PP Urban (PPUB) akan dilepas dalam jumlah besar (bulk). Aset properti tersebut berlokasi di kota-kota besar yang terdiri dari high rise building (student apartment, premium apartment hingga low-medium apartment) dan lahan kosong (landed) dengan total luasan area sebesar 46,1 hektar.

"Sejalan dengan program transformasi perusahaan BUMN yang dicanangkan oleh Menteri BUMN RI Erick Thohir, PTPP berharap dengan aksi korporasi tersebut dapat meningkatkan kinerja induk dan anak perusahaan. Aset-aset properti tersebut akan ditawarkan sebagian secara berkelompok dan sebagian berdiri sendiri," ujar Agus Purbianto selaku Direktur Keuangan & Manajemen Risiko PTPP dalam keterangan resmi, Kamis (20/1/2022).

Para investor yang berminat mengikuti program ini diharapkan dapat melengkapi proses administrasi dan proses registrasi. Keterangan lengkap terkait proses tersebut akan diumumkan pada saat acara peluncuran produk mendatang.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Target Kinerja

Pada 2022, PTPP membidik perolehan laba bersih perusahaan tumbuh sekitar 18 persen dan kontrak baru tumbuh sekitar 47 persen dibandingkan tahun lalu.

Untuk mencapai target tersebut, PTPP telah menyusun berbagai strategi dan kebijakan, baik untuk jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang. Beberapa strategi tersebut antara lain, peningkatan kapabilitas penetrasi pasar khususnya pada sektor champion yang menjadi keunggulan PTPP pada saat ini.

Kemudian, memperbesar dan berfokus pada portofolio milik Pemerintah, BUMN, dan kerja sama BUMN. Peningkatan pengelolaan investasi, serta peningkatan kapasitas balance sheet perusahaan, di mana salah satunya dilakukan dengan berfokus pada program smart asset recycling. Termasuk pada asset recycling sektor properti.

Adapun strategi peningkatan pengelolaan investasi yang dilakukan adalah dengan mengoptimalkan program investasi di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang.