Sukses

40 Emiten Gelar Rights Issue, Potensi Dana yang Diraup Rp 18,91 Triliun

BEI mencatat ada sembilan emiten yang akan peroleh dana di atas Rp 1 triliun dari rights issue.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI/Bursa) mencatat ada sebanyak 40 perusahaan yang akan melaksanakan penerbitan saham baru (rights issue) tahun ini. Total dana yang diperoleh dari rights issue tersebut diperkirakan mencapai sebesar Rp 18,91 triliun.

"Dari ke 40 perusahaan tercatat (emiten) yang merencanakan right issue tersebut, terdapat sembilan (9) perusahaan  yang nilai right issuenya lebih dari Rp 1 triliun," kata Direktur Penilaian BEI I Gede Nyoman Yetna. 

Nyoman menuturkan, dari ke sembilan perusahaan tersebut, enam di antaranya merupakan perusahaan di sektor keuangan (financials), satu perusahaan sektor kesehatan (healthcare), satu perusahaan dari sektor infrastruktur, dan satu perusahaan dari industri material dasar. 

Sementara sisanya, sebanyak 31 perusahaan diperkirakan nilai rights issue di bawah Rp 1 triliun tersebar di berbagai sektor, meliputi masing-masing empat perusahaan dari sektor industri material dasar, konsumer primer, konsumer non primer, dan energi.

Masing-masing satu perusahaan dari sektor kesehatan, industrial, teknologi, dan sektor transportasi & logistik. Sisanya ada dua perusahaan dari sektor properti & real estate, dan sembilan perusahaan dari sektor keuangan.  Namun, dia tidak merinci nama-nama emiten yang akan mengadakan rights issue.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Emiten yang Bakal Rights Issue

Berdasarkan penelusuran Liputan6.com, berikut beberapa nama perusahaan yang merencanakan right issue tahun ini:

- PT Bank Bisnis Internasional Tbk (BBSI)

- PT Bank Capital Indonesia Tbk (BACA)

- PT Bank Ina Perdana Tbk (BINA)

- PT Bank J Trust Indonesia Tbk (BCIC)

- PT Bank Maspion Indonesia Tbk (BMAS)

- PT Bank Oke Indonesia Tbk (DNAR)

- PT Bank Neo Commerce Tbk (BBYB)

- PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA)

- PT Saranacentral Bajatama Tbk (BAJA)

- PT Waskita Karya Tbk (WSKT)

 

Reporter: Elizabeth Brahmana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Bursa Efek Indonesia atau BEI adalah salah satu tempat yang memperjualbelikan saham, obligasi, dan sebagainya di Indonesia.

    BEI

  • rights issue

  • emiten