Sukses

Pentingnya Regulasi Tepat untuk Kripto Termasuk Bitcoin

Bitcoin menjadi aset kripti dengan pasar terbesar dan paling populer.

Liputan6.com, Jakarta - Bitcoin adalah salah satu aset investasi yang paling terpoarisasi dalam sejarah. Menurut para pemikir skeptis, bitcoin merupakan "gelembung” yang akan meletus atau investasi yang akan melonjak.

Sedangkan orang-orang yang percaya bitcoin akan menyebutkan bitcoin adalah “gelembung” yang terus mengembang selamanya atau harganya akan terus naik.

Founder dan CEO Crypto Fund Galaxy Digital Mike Novogratz, salah satu orang yang percaya potensi aset kripto. Novogratz mendorong investor untuk melihat dan menikmati pergerakan harian lalu sering kali kripto mengambil keuntungan besar .

"Bitcoin dan penggemarnya terjadi di sekitar hal-hal yang secara fundamental mengubah caraberpikir. Saya yakin keuangan akan terganggu oleh sistem desentralisasi," ujar Novogratz, dikutip dari situs CNN, ditulis Minggu (3/10/2021).

CoinDesk melaporkan tahun ini bitcoin naik sekitar 45 persen dan hampir menyentuh angka 300 persen selama 12 bulan terakhir. Novogratz mencatat kripto mewakili identitas para investor baru yang lebih dari sekadar mencari pengembalian.

Akan tetapi, sebagian lainnya fokus pada teknologi yang mendasarinya.Bertaruh pada bitcoin yaitu tentang mempercayai perubahan mendasar pada cara uang bekerja saat ini.Bitcoin diperdagangkan tepat di bawah USD 43 ribu atau Rp 616,2 juta (estimasi kurs Rupiah 14.332 per dolar AS) per koin pada Kamis, 30 September 2021.

Novogratz mengharapkan nilai bitcoin lebih dari setengah juta per koin dalam 10 tahun mendatang.Bitcoin menjadi koin dengan pasar terbesar dan paling populer. Ada ribuan koin lainnya dengan kapitalisasi pasar yang jauh lebih kecil dengan kemungkinan besar tetap bertahan.

"Saya berani bertaruh 75 persen investasi kripto dalam dekade berikutnya tidak akan berhasil," imbuh Novogratz.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dibutuhkan Regulasi Tepat

Meski ruang investasi aset digital digandrungi oleh para investor yang ingin untung serta banyaknya peluang hasilkan uang. Regulasi menjadi "awan gelap” yang membayangi mataaset kripto dan uang digital lainnya.

Masih belum jelas entitas regulator mana yang dimaksud untuk mengawasi pasar kripto. Hal ini karena tidak ada kejelasan status kripto, apakah sebagai mata uang atau security. Novogartz mengatakan beberapa regulasi akan berguna tetapi beberapa kebebasan untuk berinovasi juga sangat penting.

"Kita semua perlu regulasi yang tidak terbatas," kata Founder Crypto Guapcoin Tavonia Evans.

Hal itu pula yang mendorong Evans menghubungi regulator, mengajak mereka bekerja samadalam membuat aturan yang masuk akal serta tidak menghambat industri baru ini. 

 

Reporter: Ayesha Puri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Aset kripto digunakan sebagai investasi komoditi yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka.

    Kripto

  • Bitcoin seperti emas digital yang menawarkan dua pilihan yaitu sebagai alat investasi dan pembayaran.

    Bitcoin

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi