Sukses

Perhatikan Dulu Hal Ini Sebelum Mulai Investasi

Anda ingin mulai investasi di pasar modal? Simak dulu ulasan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Minat investasi di kalangan generasi muda kian meningkat beberapa waktu terakhir ini. Per Agustus 2021, KSEI mencatat jumlah investor pasar modal menembus angka 6,1 juta SID.

58 persen merupakan investor dengan usia di bawah 30 tahun. Disusul investor usia di atas 30 tahun sampai dengan 40 tahun sebesar 21,64 persen.

Namun demikian, Founder PT Solusi Finansialku Indonesia atau Finansialku.com, Melvin Mumpuni mengingatkan investasi di pasar modal sebaiknya dilakukan jika seseorang telah memenuhi keamanan finansialnya.

"Yang paling penting sudah aman dulu secara keuangan. Cashflow positif, punya dana darurat yang cukup, utang konsumtif lunas, punya proteksi. Kemudian tahap berikutnya kalau mau investasi, its oke," kata dia dalam Webinar Allianz Indonesia, Jumat (1/10/2021).

Melvin menuturkan, investasi pada prinsipnya tidak berjenjang, seperti dari sekolah dasar, kemudian sekolah menengah, dan seterusnya. Namun, lebih pada melakukan diversifikasi atas alokasi keuangan untuk mencapai tujuan tertentu.

"Investasi bukan seperti anak tangga yang dilakukan bertahap. Seperti SD ke SMP, lalu SMA. Atau misalkan dari tabungan, deposito, reksadana pasar uang. Bukan begitu. Investasi itu ibaratnya kendaraan kita untuk mencapai ke tujuan keuangan,” ujar dia.

Dalam paparannya, Melvin membagi tiga tingkatan kondisi keuangan. Yakni keamanan keuangan, kenyamanan keuangan, dan distribusi kekayaan. Seperti yang sudah disebutkan, keamanan keuangan meliputi cashflow hingga dana darurat. Kemudian keamanan keuangan yakni terkait manajemen risiko. Sementara investasi masuk dalam kenyamanan keuangan.

"Jadi ketika investasi itu mikirnya bukan cuma satu produk. Tapi alokasi investasi. Jadi sebagian ada yang sifatnya untuk likuiditas. Sebagian ada yang untuk pertumbuhan tinggi, misalnya saham. Ada juga untuk stabilitas, seperti SBN," kata dia.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Catatan Sebelum Investasi

Sebagai catatan, Melvin mengatakan perlunya melakukan financial check up sebelum memutuskan investasi. Setelah itu, perlu untuk memastikan dana darurat.

Perhitungannya, untuk yang masih single atau belum berkeluarga, dana darurat sebesar enam kali pengeluaran. Untuk yang sudah menikah, yaitu sembilan kali pengeluaran. Serta untuk yang sudah memiliki anak yakni 12 kali pengeluaran.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi

  • Pasar modal adalah seluruh kegiatan yang mempertemukan penawaran dan permintaan dana jangka panjang.

    pasar modal

  • Investor