Sukses

Bill Gates Umumkan Perceraian, Saham Microsoft Lesu

Liputan6.com, Jakarta - Bill Gates dan Melinda Gates mengumumkan kabar mengejutkan pada awal pekan ini. Pasangan sudah menikah selama 27 tahun tersebut memutuskan bercerai. Bagaimana dampaknya terhadap saham Microsoft?

Dalam sebuah pernyataan yang diunggah ke Twitter, pemimpin organisasi filantropi swasta terbesar di dunia ini Bill Gates mengumumkan rencana perceraian setelah 27 tahun menikah.

"Setelah banyak pemikiran dan banyak pekerjaan pada hubungan kami, kami telah membuat keputusan untuk mengakhiri pernikahan kami,” ujar keduanya dalam pernyataan singkat yang diunggah di Twitter.

"Kami telah membesarkan tiga anak yang luar biasa dan membangun sebuah yayasan yang bekerja di seluruh dunia untuk memungkinkan semua orang menjalani kehidupan yang sehat dan produktif,"

Meski berita tersebut mengejutkan, mengutip Barrons, Selasa (4/5/2021), kabar tersebut seharusnya tidak berdampak nyata pada saham Microsoft (MSFT).

Akan tetapi, entah ada hubungan atau tidak, saham Microsoft Corp turun 0,13 persen ke posisi USD 251,86 pada perdagangan saham Senin, 4 Mei 2021 di wall street. Saham Microsoft bergerak di posisi tertinggi USD 254,35 dan terendah USD 251,12.

Pada awal pekan ini, indeks saham acuan utama beragam. Indeks saham S&P 500 naik 0,27 persen ke posisi 4.192,66. Indeks saham Dow Jones menanjak 0,70 persen ke posisi 34.113,23.

Indeks saham Nasdaq turun 0,5 persen ke posisi 13.895,12. Hal ini seiring sejumlah saham teknologi yang tertekan. Saham induk usaha Google Alphabet Inc turun 0,44 persen ke posisi USD 2.343,08. Selain itu, saham Amazon, dan Faceboo melemah pada awal pekan ini.

Mengutip Forbes, Bill Gates telah menjual sebagian besar kepemilikan saham di Microsoft. Ia memiliki sekitar satu persen saham Microsoft. Ayah dari tiga anak ini menginvestasikan penjualan saham untuk investasi di beragam saham dan aset lainnya.

Pada pertengahan Maret 2000, Bill Gates mundur dari posisi direksi di Microsoft, perusahaan yang dibangunnya bersama Paul Allen pada 1975. Ia mengakhiri perannya sehari-hari pada Juni 2008, dan mengundurkan diri sebagai Chairman pada Februari 2014 dan melepaskan kursinya di dewan Microsoft pada 2020.

Bill Gates bersama istrinya Melinda fokus di yayasan Bill and Melinda Gates Foundation. Yayasan tersebut bekerja untuk peningkatan kesehatan global dan memberikan kesempatan sama untuk masyarakat dunia.

Selain itu, Bill Gates dikabarkan mendonasikan saham Microsoft senilai USD 35,8 miliar atau sekitar Rp 516,66 triliun (asumsi kurs Rp 14.431 per dolar AS)  untuk Gates Foundation.

2 dari 3 halaman

Orang Terkaya Keempat di Dunia

Dalam jajaran orang terkaya di dunia, Bill Gates berada di peringkat keempat dengan nilai kekayaan USD 124 miliar. Pada posisi pertama ada Jeff Bezos, pendiri Amazon, kemudian Bernard Arnault dari LVMH, dan Elon Musk, pendiri Tesla.

Pengumuman perceraian tersebut setelah orang terkaya dunia Jeff Bezos mengumumkan perceraian dengan Mackenzie. Mengutip CNBC, Bill Gates dan Jeff Bezos termasuk di antara orang terkaya di dunia, Amazon dan Microsoft bersaing dalam bisnis komputasi awan.

Amazon menyatakan, Bezos akan mundur dari jabatannya sebagai CEO dan Andy Jassy akan menggantikannya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini