Sukses

Greg Abel Bakal Jadi Penerus Warren Buffett di Berkshire Hathaway

Liputan6.com, Jakarta - Miliarder dan pemilik perusahaan investasi Berkshire Hatwahay, Warren Buffett mengatakan Greg Abel, the head of Berkshire Hathaway di bisnis non-asuransi akan menjadi pengganti Warren Buffett.

Namun, Warren Buffett tidak memberikan indikasi mengenai waktu dirinya melepaskan jabatan puncak itu dalam waktu dekat.

Abel sudah lama dipertimbangkan untuk menggantikan Warren Buffett. Ia bersama Ajit Jain yang memimpin bisnis asuransi, dua sosok yang dipertimbangkan menggantikan miliarder Buffett.

Kedua sosok itu sebagai vice chairmen bersama Charlie Munger (97). Buffett menuturkan, Abel akan menggantikan dirinya kemudian Jain.

"Direktur setuju jika terjadi sesuatu dengan saya pada malam ini, itu Greg akan menggantikan pada esok paginya. Jika ada sesuatu terjadi pada Greg akan digantikan oleh Ajit,” ujar Buffett dilansir dari CNN, Selasa (4/5/2021).

Buffett memuji dua sosok tersebut. "Mereka berdua pria yang luar biasa,” ujar dia.

Munger tampaknya memberi isyarat kalau Abel akan menjadi penerus Buffett dalam sambutan pada pertemuan tahunan secara virtual.

Saat ditanya apakah Berskhire telah menjadi terlalu rumit untuk dikelola sebagai satu perusahaan, Munger menyarankan agar perusahaan yang terdesentralisasi bekerja dengan baik.

Greg akan menjaga budayanya. Berkshire memiliki saham antara lain di asuransi Geico, Dairy Queen, the Burlington Northern Santa Fe Railway Company, Duracell Batteries, dan banyak perusahaan barang konsumsi, keuangan, industri dan energi lainnya.

Warren Buffett berulang tahun ke 91 pada Agustus. Mengingat usia dan riwayat kesehatan baru-baru ini termasuk pertarungan dengan kanker prostat yang didiagnosis pada 2012, ada banyak spekulasi tentang siapa yang akan menggantikannya.

Salah satu keuntungan yang mungkin dimiliki Abel pada Jain adalah usia 59 tahun. Ia 10 tahun lebih muda dari saingannya.

"Namun, kemungkinan seseorang memiliki landasan 20 tahun membuat perbedaan nyata,” ujar Buffett.

2 dari 3 halaman

Bagaimana dengan Putra Warren Buffett?

Sementara itu, putra Buffett, Howard Buffett (66) yang telah menjadi anggota dewan Berkshire sejak 1993 telah diidentifikasi sebagai anggota dewan yang kemungkinan besar menggantikan ayahnya sebagai ketua non-eksekutif.

Warren Buffett memegang posisi CEO dan Chairman. Akan tetapi, Howard Buffett menjalankan yayasan amal dan bekerja sebagai petani, dan tidak pernah dilihat sebagai pesaing untuk menjadi CEO.

Sebelumnya ada eksekutif Berkshire yang tampaknya siap menjadi penerus Buffett. Salah satu yang paling menonjol ialah David Sokol yang mengundurkan diri pada 2011.

Sokol terungkap telah berinvestasi di Lubrizol sebelum dia merekomendasikan agar Berkshire membelinya seharga USD 9,7 miliar tanpa mengungkapkan investasi yang dilakukan di perusahaan tersebut.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini