Sukses

BEI-OJK Kenalkan Alternatif Pembiayaan Melalui Pasar Modal bagi UMKM

Sosialisasi dan edukasi SCF ini untuk membantu permodalan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Sulawesi Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berupaya memasyarakatkan pasar modal kepada pelaku usaha dan investor untuk berinvestasi di pasar modal lewat securitiy crowdfunding.

Oleh karena itu, Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggenjot edukasi dan sosialisasi layanan urun dana berbasis teknologi atau disebut securities crowdfunding/SCF. Salah satunya di Sulawesi Utara.

Sosialisasi dan edukasi SCF ini untuk membantu permodalan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Sulawesi Utara (Sulut).

“BEI bersama OJK Sulutgomalut (Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku Utara) turut mensosialisasikan Securities Crowd Funding dan Acceleration Board untuk bisa membantu UKM di Sulut dari segi alternatif permodalan,” ujar Kepala BEI Sulut Mario Iroth, seperti dilansir dari Antara, ditulis Minggu (17/1/2021).

Mario menuturkan, dengan edukasi dan sosialisasi SCF ini diharapkan memberikan alternatif sumber pendanaan yang cepat, mudah dan murah bagi generasi muda dan UMKM yang belum terjangkau bank (bankable).

Kepala OJK Sulutgomalut Darwiman menuturkan, security crowfunding akan menyediakan pendanaan bagi UMKM penyedia barang dan jasa pemerintah yang potensinya cukup besar. Keberadaan instrumen ini juga dapat dimanfaatkan sebagai alternatif portofolio investasi investor muda.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelengkap Equity Crowdfunding

Masyarakat yang selama ini memiliki kecenderungan konsumsi terbilang tinggi tetapi konsumsinya akan tertahan dengan investasi di platform ini yang mudah dan risikonya relatif kecil.

Para pelaku industri SCF akan dinaungi dalam Asosiasi Layanan Urun Dana Indonesia (Aludi) yang berkewajiban untuk menjaga ekosistem industri layanan urun dana yang sehat dengan merumuskan code of conduct dan melakukan pengawasan implementasi dan menerbitkan anggotanya.

Securities crowdfunding merupakan pelengkap dari equity crowdfunding yang membolehkan UMKM meraup dana di pasar modal dengan penerbitan saham.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi.

    UMKM

  • Bursa Efek Indonesia atau BEI adalah salah satu tempat yang memperjualbelikan saham, obligasi, dan sebagainya di Indonesia.

    BEI

  • Otoritas Jasa Keuangan atau OJK adalah lembaga yang berfungsi untuk mengatur dan mengawasi seluruh kegiatan di sektor keuangan.

    OJK

  • Security Crowdfunding