Sukses

Bursa Saham Asia Jatuh Mengekor Wall Street

Pasar Asia-Pasifik jatuh pada perdagangan pagi pada hari Kamis.

Liputan6.com, Jakarta - Pasar saham Asia-Pasifik jatuh pada perdagangan pagi pada hari Kamis. Ini karena para pedagang bergulat dengan optimisme seputar potensi vaksin virus corona dan kekhawatiran ekonomi.

Dikutip dari CNBC, Kamis (19/11/2020), di Australia, patokan ASX 200 turun 0,35 persen di mana produsen sumber daya berjuang untuk mendapatkan keuntungan. Apa yang disebut bank Big Four diperdagangkan beragam, dengan Westpac naik 0,98 persen.

Indeks saham Nikkei 225 Jepang turun 0,55 persen di awal perdagangan sementara indeks Topix turun 0,41 persen. Di Korea Selatan, indeks Kospi turun 0,51 persen.

Sesi di Asia mengikuti kejatuhan saham AS untuk hari kedua berturut-turut, menghentikan reli baru-baru ini ke rekor baru.

"Itu adalah hari konsolidasi untuk pasar keuangan, yang terjebak dalam arus lintas dari optimisme vaksin dan kelemahan ekonomi jangka pendek," tulis Daniel Been, kepala penelitian valuta asing dan G3 di ANZ, dalam catatan pagi.

Pfizer dan BioNTech pada hari Rabu mengatakan bahwa analisis data akhir menemukan vaksin virus corona mereka 95 persen efektif dalam mencegah Covid-19 dan tampaknya menangkis penyakit parah. Sementara itu, Moderna mengatakan, data uji coba tahap tiga awal menunjukkan vaksinnya lebih dari 94 persen efektif.

Namun, karena kasus terus meningkat, terutama di AS, pihak berwenang mulai menerapkan kembali beberapa perintah tinggal di rumah, jam malam, dan langkah-langkah keamanan publik, termasuk menutup bisnis yang tidak penting di beberapa kota. Ada kekhawatiran yang berkembang bahwa jika penyebaran infeksi tidak diatasi, penguncian yang meluas dapat dilakukan kembali.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mata Uang dan Harga Minyak

Indeks dolar, yang mengukur dolar AS terhadap sekeranjang mata uang sejenis, terakhir diperdagangkan di 92,316, tergelincir dari level dekat 93,00 pekan lalu.

"Dolar AS terus didorong oleh berita utama yang saling bertentangan seputar kemajuan vaksin dan tingkat infeksi yang tinggi (dan penguncian baru)," kata Kim Mundy, ekonom senior dan ahli strategi mata uang, di Commonwealth Bank of Australia, dalam catatan pagi.

“Risikonya adalah bahwa vaksin tidak siap cukup cepat untuk mengimbangi kerusakan ekonomi jangka pendek dari penguncian yang meluas karena sejumlah negara berjuang untuk mengendalikan tingkat infeksi kembali,” kata Mundy.

Yen Jepang diperdagangkan naik 0,1 persen pada 103,94 melawan greenback sementara dolar Australia berpindah tangan pada USD 0,7287, turun dari level sebelumnya sekitar USD 0,73.

Harga minyak diperdagangkan beragam: minyak mentah berjangka AS turun 0,74 persen menjadi USD 41,51 per barel sementara patokan global Brent terakhir diperdagangkan pada USD 44,34.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.