Sukses

Jasa Marga Resmikan Tol Malang-Pandaan Pekan Depan

Jalan tol Malang-Pandaan terdiri dari seksi 1-5, seksi 4-5 sepanjang 7,48 kilometer .

Liputan6.com, Jakarta PT Jasa Marga (Persero) akan meresmikan Tol Malang-Pandaan pada Senin, 13 Mei 2019. Ruas yang akan diresmikan nantinya hanya Seksi 1-3 yakni Pandaan-Singosari sepanjang 31 kilometer (km).

"Ya (diresmikan) Insya Allah Senin 13 Mei," ujar Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang Agus Purnomo, Sabtu (11/5/2019).

Jalan tol Malang-Pandaan terdiri dari seksi 1-5, seksi 4-5 sepanjang 7,48 kilometer dari Singosari-Kota Malang masih dalam tahap pembangunan. Termasuk perubahan jalur yang dilakukan di seksi 5, akibat penemuan situs Cagar Budaya peninggalan masa Pra Majapahit.

Sementara dalam Pantauan Merdeka.com, petugas sedang melakukan penyelesaian di underpass Singosari (Karanglo).

Beberapa kali arus dialihkan dengan menggunakan undespass guna menyelesaikan pengerasan jalan.

Underpass Karanglo dibangun untuk mengurai kemacetan arus ke Surabaya maupun Malang, termasuk arus akibat arus keluar dan masuk jalan tol.

Perempatan Karanglo akan diatur sedemikian rupa untuk pengguna yang akan ke Malang, Batu, dan Surabaya, baik tol maupun non tol. Saat ini sedang dilakukan penyelesaian dinding sisi kanan dan kiri underpass.

Reporter: Darmadi Sasongko

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tol Pandaan-Malang Siap Beroperasi Saat Mudik Lebaran 2019

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono memastikan, Jalan Tol Pandaan-Malang akan menjadi ruas tol baru yang bisa digunakan saat arus mudik Lebaran 2019.

Kepastian ini didapatkannya lantaran Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan ruas tol Pandaan-Malang pada awal pekan depan.

"Pandaan-Malang mudah-mudahan minggu besok, Senin, 13 Mei 2019 akan diresmikan sampai Singosari," ujar Menteri Basuki di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (10/5/2019).

Adapun ruas yang bakal diresmikan oleh Jokowi yakni Tol Pandaan-Malang Seksi I-III dari Pandaan menuju Singosari sepanjang 30,6 kilometer (km). Sementara Seksi IV-V dari Singosari-Malang sepanjang 7,48 km saat ini masih dalam tahap konstruksi.

Untuk kepastian ruas tol lain yang kiranya bakal bisa digunakan saat mudik nanti, Basuki melanjutkan, dirinya bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berencana meninjau lapangan ke Tol Trans Sumatera.

"Trans Sumatera yang sudah operasi ada Bakauheni-Terbanggi Besar 141 km, ini yang besok akan kita lihat. Karena pada saat peresmian kemarin, tinggal 1 jembatan yang belum jadi," ucapnya.

"Rencananya Mei ini jembatan yang menghubungkan Terbanggi Besar ke Palembang jadi. Sehingga kalau ini bisa fungsional, itu 350 km Bakauheni-Palembang bisa dipakai," dia menambahkan.

Selain itu, ia meneruskan, akan ada dua jalur tol lain di luar Jawa yang proyeksinya bisa segera dibuka dalam waktu dekat ini.

"Tol Balikpapan-Samarinda yang sampai ke Bukit Soeharto juga itu akan dibuka. Tol Manado-Bitung juga akan dibuka," pungkas dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini