Sukses

Bursa Asia Tertekan Imbas Harga Minyak

Harga minyak sentuh level terendah dalam 3 bulan telah menekan bursa Asia pada Selasa pekan ini.

Liputan6.com, Tokyo - Bursa Asia melemah pada perdagangan Selasa pekan ini didorong saham komoditas. Hal itu lantaran harga minyak dunia sentuh level terendah dalam 3 bulan.

Di sisi lain, yen menguat sehingga mendorong bursa Jepang tertekan. Indeks saham MSCI Asia Pasifik melemah 0,3 persen pada pukul 09.25 waktu Tokyo.

Penurunan indeks saham acuan regional itu didorong indeks saham Jepang menyusut 1,4 persen, seiring yen menguat 0,6 persen terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Posisi yen di kisaran 105,13 per dolar AS.

Selain itu, indeks saham Australia melemah 0,4 persen. Indeks saham Korea Selatan Kospi dan indeks saham Selandia Baru sedikit berubah.

Pada pekan ini, investor menanti hasil pertemuan bank sentral Amerika Serikat (AS) dan Jepang. Investor mengharapkan bank sentral akan melanjutkan kebijakan yang mendukung ekonomi.

Bank sentral AS atau the Federal Reserve diperkirakan mempertahankan suku bunga pada pertemuan Rabu pekan ini. Sedangkan ekonom memprediksi Bank of Japang akan meningkatkan stimulusnya.

Meski ada sentimen positif itu, harga minyak dunia mempengaruhi bursa Asia. Harga minyak dunia dekati level US$ 43 per barel.

"Penguatan yen dan harga minyak makin murah mempengaruhi investor. Investor juga melihat sejumlah saham berdasarkan rilis keuangan yang keluar," ujar Toshihiko Matsuno, Senior Strategist SMBC Friend Securities seperti dikutip dari laman Bloomberg, Selasa (26/7/2016). (Ahm/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini