Sukses

 8 Masjid Mendapatkan Sapi Kurban dari Presiden dan Pemda DIY

Pemerintah Daerah DIY menyerahkan satu ekor sapi kurban  dari Presiden RI dan tujuh ekor sapi dari Gubernur dan Wakil Gubernur DIY kepada 5 kabupaten/kota se-DIY.

Liputan6.com, Yogyakarta - Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta  (Pemda DIY) menyerahkan total delapan sapi kurban dari Presiden RI dan dari Pemda DIY.  Staf Ahli Gubernur DIY Bidang Hukum, Pemerintahan, dan Politik, Sukamto saat membacakan sambutan Gubernur DIY menjelaskan delapan sapi kurban termasuk dari presiden akan diberikan kepada delapan masjid di DIY.

"Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta kami menyampaikan satu ekor sapi dari Presiden Republik Indonesia dan total tujuh ekor sapi dari Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, yang diserahkan sebagai hewan kurban ke 5 kabupaten/kota se-DIY, Masjid Gedhe Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Masjid Ageng Puro Pakualaman," katanya saat acara Penyerahan Hewan Kurban Iduladha 1445 H di Pendopo Wiyata Praja, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta pada Jumat 14 Juni 2024.

Sukamto mengatakan Iduladha mengajarkan  tentang nilai-nilai pengorbanan, keteguhan hati, dan ketaatan yang tinggi dalam menghadapi ujian hidup. Selain itu, sebagai wujud dari nilai kemanusiaan karena mengajarkan  berbagi kepada tetangga sekitar dan fakir miskin.

“Iduladha mengandung makna yang mendalam tentang peradaban Islam dan nilai-nilai cinta yang melekat dalam tradisi ini. Iduladha menjadi momen untuk merenungkan pengorbanan yang dilakukan Nabi Ibrahim yang diperintahkan oleh Allah untuk mengurbankan putra kesayangannya,” ungkap Sukamto. 

Sukamto mengatakan bantuan hewan sapi kurban dari Presiden RI yang diberikan kepada masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta diberikan kepada Takmir Masjid AL – HUDA   Rt 50 / RW. 12 Pringtali, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo.  Sukamto menyampaikan, pembagian bantuan hewan sapi kurban dari Gubernur dan Wakil Gubernur DIY diberikan di Masjid Balaikota Yogyakarta, Masjid Ar-Rohman Jetis, Sleman, Masjid Al-Auliya Dingkikan, Sedayu, Bantul, Masjid Al-Hidayah Mertelu Gedangsari, Gunungkidul dan Masjid Al-Huda Ngangin angin, Banyuroto, Kulon Progo. 

"Takmir Masjid Kagungan Dalem Masjid Gedhe Karaton Ngayakyakarta Hadiningrat, Takmir Masjid Ageng Puro Pakualaman, Takmir Masjid Diponegoro Balai Kota Yogyakarta,Takmir Masjid Masjid Ar Rohman, Jetis, Depok, Sendangsari, Minggir Sleman, Ketua Takmir Masjid Al Auliya’ Dingkikan, Argodadi, Sedayu, Bantul, Ketua Takmir Masjid Al Hidayah, Soka Rt03, Rw 08, Mertelu Gedangsari. Gunungkidul, dan Ketua Takmir Masjid Al Huda, Ngangin angin, Banyuroto, Nanggulan," katanya.

Sukamto mengatakan semua bantuan hewan sapi kurban tersebut sudah diterima oleh takmir masjid masing-masing. Sehingga semua hewan kurban yang diserahkan sudah memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) yang telah terverifikasi oleh Balai Besar Veteriner (BBVet) dan Dinas Pertanian Sleman. 

"Sehingga semua hewan sapi kurban aman dan terjamin kesehatannya," katanya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.