Sukses

Cerita Peternak Hewan di Sukabumi, 6 Sapi Dibeli Prabowo untuk Idul Adha

Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih 2024 dikabarkan membeli sapi untuk hari raya Idul Adha, dari peternak sapi di Sukabumi.

Liputan6.com, Sukabumi - Presiden terpilih 2024, Prabowo Subianto dikabarkan telah membeli sapi untuk disembelih pada hari raya Idul Adha 1445 hijriah, dari peternak hewan kurban di Sukabumi, Jawa Barat. 

Tak tanggung-tanggung, Prabowo memesan 6 sapi monster berbobot rata-rata di atas 1 ton. Informasi dihimpun, keenam hewan kurban itu dibeli dari kelompok ternak sapi di wilayah Ciaul Pasir Kecamatan Cikole Kota Sukabumi. Sapi yang dipilih untuk kurban Idul Adha itu berjenis sapi limosin, brangus, dan jenis simental. 

Peternak sapi, M Damar menyampaikan, hewan ternak ukuran jumbo miliknya ini selalu dipesan Prabowo, dalam 9 tahun terakhir untuk keperluan kurban.

“Alhamdulillah sekarang sudah masuk ke sembilan, berarti sembilan tahun yang lalu pak Prabowo selalu mempercayakan untuk hewan kurban di farm kami,” ungkap Damar pada Rabu (12/6/2024). 

Damar mengatakan, dari keenam sapi itu empat diantaranya akan dikurbankan di wilayah Sukabumi, dan dua sapi yang paling besar ini akan dikirimkan ke Jakarta. 

“Untuk tahun ini alhamdulillah ada enam ekor sapi dari farm (peternakan) kami dengan bobot satu ton up (1 ton lebih). Untuk harga per ekornya ini kisaran Rp 150 juta per ekornya,” tuturnya.

Mengingat keenam sapi tersebut merupakan pesanan Prabowo Subianto selaku Presiden terpilih pada Pemilu 2024 lalu, pihaknya menyebut sangat menjaga kesehatan sapi-sapi tersebut.

“Untuk kesehatannya tentu kami selalu jaga itu, khususnya untuk vaksin itu rutin dan rencananya sebelum diberangkatkan ke Jakarta, nanti akan dicek dulu sama Dinas terkait. Insya allah rencananya H-1 dikirim ke pak Prabowo,” tutupnya.

Terpisah, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Riki Baehaki menambahkan, pihaknya sudah melakukan persiapan untuk memantau kondisi hewan kurban di Kota Sukabumi.

"Kami sebenarnya sekitar seminggu ke belakang sudah membentuk tim pemantauan hewan kurban dan kami dibantu 33 kader yang ada di kelurahan, dari partisipasi dokter hewan indonesia cabang Jabar VI, sukarelawan dari paramedis veteriner Indonesia Jabar, dan petugas kami 21 orang," kata Riki.

"Jadi nanti itu disebar. Ditambah hari ini karena sudah dilatih 80 orang otomatis kita ada kekuatan baru untuk tim ini agar nantinya pada saat hari H kita benar-benar bisa melayani masyarakat, masyarakat bisa merayakan Idul Adha dengan tenang," sambung dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini