Sukses

7 Rekomendasi Film tentang Naik Haji, Cocok Jadi Tontonan Seru saat Libur Iduladha

Momen tersebut sangat cocok jika diisi dengan menonton film tema naik haji.

Liputan6.com, Yogyakarta - Tahun ini, Iduladha 10 Zulhijah 1445 H jatuh pada 17 Juni 2024. Bertepatan dengan libur panjang di akhir pekan, perayaan ini juga bisa diisi dengan menonton film tentang naik haji.

Iduladha juga disebut sebagai Hari Raya Haji karena bertepatan dengan pelaksanaan ibadah haji di tanah suci. Momen tersebut sangat cocok jika diisi dengan menonton film tema naik haji.

Baik film Indonesia maupun film luar, banyak yang mengangkat tema ini. Berikut rekomendasi film tentang naik haji:

1. Inside Mecca (2003)

Film dokumenter berjudul Inside Mecca menjadi rekomendasi tontonan yang cocok saat libur Iduladha. Film ini dirilis National Geographic pada 2003.

Film karya Anisa Mehdi ini mengikuti tiga jemaah dari Malaysia, Afrika Selatan, dan Amerika Serikat. Mereka melakukan perjalanan ke Mekah untuk menunaikan ibadah haji.

2. Le Grand Voyage (2004)

Film karya sutradara Ismaël Ferroukhi ini mengisahkan tentang hubungan ayah dan anak saat melakukan perjalanan dari Prancis menuju Tanah Suci. Dalam film berjudul Le Grand Voyage ini, mereka melakukan perjalanan dengan mengendarai mobil.

Selama perjalanan, secara perlahan keduanya saling mengenal satu sama lain setelah hidup terpisah selama bertahun-tahun. Film ini diproduksi keroyokan oleh empat negara, yakni Perancis, Maroko, Bulgaria, dan Turki.

3. Journey to Mecca (2009)

Journey to Mecca adalah film yang dinarasikan oleh aktor Ben Kingsley. Film ini menceritakan kisah nyata yang luar biasa dari Ibnu Battuta, salah satu musafir terbesar dalam sejarah.

Mahasiswa hukum berusia 21 tahun itu berangkat sendirian ke Mekkah dari Tangier pada 1325. Ia kembali ke Maroko hampir 30 tahun kemudian.

4. Emak Ingin Naik Haji (2009)

Sineas Indonesia juga pernah membuat film bertema naik haji dengan judul Emak Ingin Naik Haji. Film karya sutradara Aditya Gumay ini dibintangi oleh Aty Cancer Zein, Reza Rahadian, dan Didi Petet sebagai pemeran utama.

Film ini mengisahkan tentang Emak, seorang wanita lansia yang sabar, tulus, dan penuh kegunaan hati. Emak sangat ingin menunaikan ibadah haji.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Adaminte Makan Abu (2011)

5. Adaminte Makan Abu (2011)

Film asal India, Adaminte Makan Abu, juga bisa menjadi rekomendasi tontonan yang menarik saat libur Iduladha. Film ini ditulis, disutradarai, dan diproduksi oleh Salim Ahamed sebagai karya debutnya.

Adaminte Makan Abu menceritakan kisah seorang penjual attar (sejenis parfum) miskin bernama Abu. Ia hanya memiliki satu keinginan dalam hidupnya, yakni menunaikan ibadah Haji.

6. Haji Backpacker (2014)

Film Indonesia lainnya yang bisa menjadi tontonan saat libur Iduladha adalah Haji Backpacker. Film yang dibintangi Abimana Aryasatya ini mengisahkan seorang pemuda bernama Mada.

Ia memutuskan untuk berpetualang ke seluruh dunia hingga tiba di Mekkah. Meski sering melakukan hal yang dilarang agama, Mada mulai menyadari kasih sayang Tuhan saat menginjakkan kakinya di Tanah Suci.

7. Mekah I'm Coming (2019)

Masih dari karya sineas Indonesia, film selanjutnya yang bisa menjadi rekomendasi adalah Mekah I'm Coming. Film yang mengusung genre komedi romantis ini menceritakan perjuangan seorang pria yang berusaha memberangkatkan haji orangtua dari wanita yang dicintainya.

Hal itu dilakukan agar hubungan mereka direstui. Film rekomendasi untuk libur Iduladha ini dibintangi oleh Rizky Nazar, Michelle Ziudith, Dwi Sasono, Jennifer Coppen, dan masih banyak lagi.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini