Sukses

Pinggan Kintamani, Permata Tersembunyi di Bali Wajib Dikunjungi

Cahaya keemasan yang perlahan muncul di balik Gunung Batur menciptakan pemandangan yang luar biasa, dengan danau dan pepohonan yang terselimuti kabut pagi yang tipis

Liputan6.com, Jakarta - Pinggan Kintamani, sebuah desa kecil yang terletak di Kabupaten Bangli, Bali, merupakan salah satu destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang memukau dan pengalaman budaya yang autentik.

Desa Pinggan Kintamani ini berada di ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut, memberikan panorama pegunungan yang menakjubkan dan udara sejuk yang menyegarkan. Pinggan Kintamani tidak hanya menarik karena pemandangannya, tetapi juga karena keramahan penduduk lokal dan kekayaan budayanya yang masih terjaga dengan baik.

Salah satu daya tarik utama Pinggan Kintamani adalah pemandangan matahari terbit yang luar biasa. Wisatawan sering mendaki ke titik-titik tertinggi Desa Wisata Bali ini pada dini hari untuk menyaksikan momen matahari terbit yang magis.

Cahaya keemasan yang perlahan muncul di balik Gunung Batur menciptakan pemandangan yang luar biasa, dengan danau dan pepohonan yang terselimuti kabut pagi yang tipis. Suasana tenang dan damai di desa ini menambah kesan mendalam bagi setiap pengunjung yang datang.

Selain pemandangan alam, Pinggan Kintamani juga dikenal dengan kekayaan budayanya. Masyarakat desa ini masih menjalankan tradisi dan upacara keagamaan dengan sangat khidmat.

Pengunjung dapat menyaksikan berbagai upacara adat yang mencerminkan kehidupan masyarakat Bali yang penuh dengan nilai-nilai spiritual. Salah satu upacara yang sering dilakukan adalah upacara Galungan dan Kuningan, di mana penduduk desa bersembahyang di pura-pura dan menghias rumah mereka dengan janur kuning.

Tak lengkap rasanya mengunjungi Pinggan Kintamani tanpa mencicipi kuliner khas daerah ini. Salah satu makanan yang wajib dicoba adalah ayam betutu, sebuah hidangan tradisional yang dimasak dengan rempah-rempah khas Bali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menemukan Kedamaian

Selain itu, di desa ini juga terdapat banyak warung yang menyajikan kopi Kintamani yang terkenal dengan cita rasanya yang khas. Kopi ini ditanam di perkebunan lokal dengan metode organik, memberikan aroma dan rasa yang unik yang tidak ditemukan di tempat lain.

Untuk wisatawan yang gemar berpetualang, Pinggan Kintamani menawarkan berbagai aktivitas menarik. Salah satu aktivitas populer adalah mendaki Gunung Batur. Pendakian ini cukup menantang namun sepadan dengan pemandangan indah yang menanti di puncak.

Selain itu, wisatawan juga dapat mengunjungi Danau Batur yang terletak di kaki gunung. Danau vulkanik ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan berbagai aktivitas air seperti berperahu dan memancing.

Keindahan Pinggan Kintamani tidak hanya terletak pada alamnya yang memukau, tetapi juga pada kehidupan masyarakatnya yang sederhana dan bersahaja. Kunjungan ke desa ini memberikan pengalaman yang menyeluruh, mulai dari keindahan alam, kekayaan budaya, hingga keramahan penduduk lokal.

Bagi mereka yang mencari kedamaian dan ingin merasakan kehidupan desa yang tenang, Pinggan Kintamani adalah destinasi yang sempurna untuk dikunjungi.

 

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini