Sukses

Sejarah Hari Jamu Nasional yang Diperingati Setiap 27 Mei, Simak Segudang Manfaat Jamu

Hari Jamu Nasional merupakan peringatan yang dirayakan pada tanggal 27 Mei setiap tahunnya. Berikut ini sejarah dan manfaat jamu yang harus diketahui.

Liputan6.com, Bandung - Hari Jamu Nasional diperingati pada tanggal 27 Mei setiap tahunnya dan mempunyai tujuan untuk mengangkat kembali keberadaan jamu di Indonesia. Sebagai informasi jamu sendiri dikenal sebagai minuman tradisional Indonesia yang sudah ada bertahun-tahun silam.

Minuman ini terkenal sebagai ramuan kesehatan yang telah digunakan secara turun-temurun. Jamu juga terbuat dari bahan-bahan yang alami seperti akar, daun, kulit kayu, bunga, dan rempah-rempah.

Jamu dipercaya sebagai minuman yang memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan tubuh. Pembuatan jamu juga dibuat dengan sederhana karena biasanya menggunakan bahan yang bisa ditemui di pasar dan disiapkan dengan meracik atau merebus bahannya.

Nama jamu juga merupakan singkatan dari dua kata yaitu “Jampu” yang berarti doa atau obat dan "husada" yang berarti kesehatan. Melalui nama tersebut sudah tergambarkan bahwa jamu merupakan minuman untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Saat ini keberadaan jamu di Indonesia mulai memudar dan menjadi awal keresahan sebagian orang atas minuman tersebut. Pasalnya jamu memberikan manfaat yang baik dan dikenal sebagai minuman khas Indonesia yang bernilai sejarah dan budaya.

Di Indonesia sendiri jamu mempunyai banyak jenisnya dan manfaatnya masing-masing. Contohnya saja jamu kunyit asam yang dikenal bermanfaat untuk meringankan rasa sakit menstruasi.

Kemudian terdapat jamu beras kencur yang terkenal bermanfaat sebagai menghilangkan pegal pada tubuh, meredakan batuk, menambah nafsu makan, hingga melancarkan peredaran darah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah Hari Jamu Nasional

Mengutip dari situs Dinas Kesehatan Kab. Mojokerto peringatan Hari Jamu Nasional berawal dari pudarnya eksistensi jamu di Indonesia. Sehingga pada tanggal 27 Mei 2008, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menetapkan 27 Mei sebagai Hari Kebangkitan Jamu Indonesia.

Sejak itu peringatannya sering dirayakan pada tanggal 27 Mei setiap tahunnya dan bertujuan untuk mengangkat kembali eksistensi jamu di Indonesia. Peringatannya juga bertepatan dengan meresmikan jamu sebagai kearifan lokal.

Jamu berasal dari dua kata “Jampi” yang berarti obat atau doa dan “husada” yang berarti kesehatan. Minuman ini pun kemudian menjadi minuman atau obat tradisional untuk meningkatkan kesehatan.

Minumannya juga menjadi obat rumahan karena bisa dibuat sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan rempah-rempah yang bisa ditemukan dengan mudah. Tidak sedikit juga terdapat produk jamu yang masih bisa ditemukan di beberapa toko pada saat ini.

3 dari 4 halaman

Mengenal Manfaat Jamu untuk Tubuh

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber berikut ini manfaat jamu bagi kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jamu memiliki beragam jenisnya terutama jamu kunyit asam yang terkenal sebagai bahan yang mengandung sifat antioksidan dan antiinflamasi. Kemudian kunyit sendiri mengandung kurkumin yang bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan radikal bebas.

Seluruh kandungan baik yang terdapat dalam jamu tersebut yang bisa membantu sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dan tubuh bisa mampu melawan infeksi dan penyakit yang berusaha masuk dalam tubuh.

2. Memperlancar pencernaan

Jenis jamu tertentu juga biasanya dikenal baik untuk meningkatkan atau memperlancar pencernaan. Misalnya jamu beras kencur dikenal sebagai minuman yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Diketahui kencur mempunyai sifat karminatif yang bisa membantu meredakan perut kembung hingga mual. Kemudian kandungan serat yang ada di dalam jamu bisa membantu memperlancar buang air besar dan mencegah terjadinya sembelit.

4 dari 4 halaman

Manfaat Berikutnya

3. Meningkatkan stamina dan energi

Pada jenis jamu yang memiliki kandungan bahan seperti ginseng atau temulawak sering dikonsumsi sebagai minuman yang bisa mengatasi kelelahan. Diketahui temulawak mempunyai kandungan kurkuminoid yang bisa membantu meningkatkan fungsi hati.

Temulawak juga bisa membantu memperbaiki metabolisme tubuh dan energi lebih cepat terdistribusi ke seluruh tubuh. Sementara jamu yang terbuat dari gingseng dikenal sebagai adaptogen yang membantu tubuh beradaptasi terhadap stres dan meningkatkan energi.

4. Meningkatkan kesehatan kulit

Jamu juga terkenal sebagai minuman yang disukai oleh para perempuan karena terdapat jenis jamu yang bisa mendukung kesehatan kulit. Misalnya jamu dari kunyit asam tidak hanya baik untuk pencernaan tetapi juga membantu membersihkan darah dan mengurangi peradangan pada kulit.

Sehingga kandungan tersebut juga bisa membantu mengatasi jerawat dan membuat kulit bisa lebih cerah. Diketahui kandungan antioksidan dalam kunyit dan asam jawa bisa membantu menjaga kulit dari kerusakan akibat radikal bebas hingga memperlambat penuaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini