Sukses

Geger Sapi Kurban Mengamuk di Bandung, Masuk Parit hingga Ditolong Damkar

Kejadian itu berlokasi di Jalan Maleber Utara, Gg. Wibawa II, Kelurahan Maleber, Kecamatan Andir, Kota Bandung.

Liputan6.com, Bandung - Seekor sapi kurban Idul Adha di Kota Bandung dilaporkan mengamuk pada Minggu malam, 16 Juni 2024, sekira pukul 20.00 WIB. Sapi itu hendak kabur hingga jatuh dan akhirnya terjebak di dalam sebuah parit.

Berdasarkan laporan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, peristiwa sapi kurban kabur itu terjadi di Jalan Maleber Utara, Gg. Wibawa II, Kelurahan Maleber, Kecamatan Andir, Kota Bandung.

Petugas pemadam kebakaran pun menerima laporan dari warga dan langsung bergegas datang ke lokasi. Petugas kemudian berupaya melakukan evakuasi.

"Evakuasi sapi yang terjebak ini dilakukan dengan sigap dan hati-hati oleh petugas Diskar PB," jelas Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung, Gun Gun Sumaryana dalam keterangannya di Bandung, Senin (17/6/2024).

Proses penyelamatan, katanya, segera dilakukan setelah laporan diterima oleh tim Diskar PB. Dengan menggunakan peralatan yang tepat dan keahlian dalam penanganan hewan besar, petugas berhasil mengangkat sapi tersebut dari parit dalam kondisi selamat.

Masyarakat setempat yang menyaksikan kejadian ini mengapresiasi petugas Diskar PB atas kerja keras dan kecepatan respons mereka.

Gun Gun Sumaryana menyatakan, peristiwa ini menjadi pengingat pentingnya kewaspadaan dan kesiapan dalam menghadapi situasi darurat.

"Kami siap menangani berbagai situasi darurat, termasuk yang melibatkan hewan, demi keselamatan dan kenyamanan masyarakat," kata Gun Gun kepada Humas Kota Bandung.

Gun Gun pun mengimbau agar masyarakat segera melapor ke petugas jika peristiwa serupa terjadi di wilayahnya masing-masing. "Diskar PB Kota Bandung mengimbau masyarakat untuk segera melaporkan kejadian serupa agar dapat segera ditangani dengan baik," imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hewan Kurban di Bandung Mayoritas Sapi

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung mencatat, per 17 Juni 2024, hewan kurban yang akan disembelih di Kota Bandung mencapai 13.701 ekor. Jumlah ini disebut meningkat dibandingkan Hari Raya Idul Adha tahun lalu.

Sebelumnya, Kepala DKPP Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar merincikan, jumlah tersebut terdiri dari 7.455 ekor sapi dan 6.246 ekor domba atau kambing.

"Ini mengalami kenaikan sebesar 16,8 persen dibandingkan dengan tahun 2023 sekitar 12.000an ekor," kata Gin Gin usai Salat Iduladha di Masjid Agung Al Ukhuwah, Senin, 17Juni 2024.

Peningkatan tersebut teramati pula dari permohonan penyembelihan hewan kurban di 2 tempat Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Bandung yang mengalami kenaikan.

"Pemotongan di RPH ini mengalami kenaikan. Tahun lalu sebanyak 363 ekor. Tahun ini menjadi 400an ekor lebih," tuturnya.

Ia berharap, panitia Iduladha bisa mendistribusikan daging kurban dengan lancar. Gin Gin sudah mengimbau agar panitia Iduladha menggunakan kemasan yang ramah lingkungan.

"Jadi panitia akan mendistribusikan kepada mustahik (penerima) untuk dibagikan sesuai data di setiap kewilayahan. Jadi tidak perlu penerima yang datang, tapi panitia yang mengedarkan," katanya.

"Kami juga sudah menghimbau, untuk menghindari penggunaan kantong plastik, agar menggunakan tempat atau kemasan yang ramah lingkungan," imbuh dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini