Sukses

Sambut Iduladha, Santri di Sukabumi Rias Domba Diiringi Teatrikal

Sehari menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, para santri di Ponpes Dzikir Al Fath adu kreativitas dengan merias domba yang akan dikurbankan.

Liputan6.com, Sukabumi - Berbagai cara dilakukan dalam menyambut Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah, salah satunya festival hias hewan kurban yang dilakukan para santri asal Pondok Pesantren Dzikir Al Fath, Kota Sukabumi

Santri dari tingkatan SD, SMP, SLTA, hingga perguruan tinggi berkreasi menampilkan hewan kurban terbaiknya. Dalam pelaksanaan kurban tahun ini, ada 11 ekor domba yang diikutsertakan dalam festival tersebut. 

Domba yang telah dirias berjalan di hadapan juri layaknya model di atas catwalk. Selain itu, belasan ekor domba rias tersebut dipamerkan diiringi teatrikal dengan berbagai tema oleh para santri. Mulai dari sejarah para nabi hingga tema isu sosial. Salah satunya tema sejarah Nabi Ibrahim AS ketika diperintah oleh Allah SWT untuk menyembelih Nabi Ismail AS. 

Ada pula yang mengangkat tema perjalanan Prabu Siliwangi ketika masuk Islam dan menikah dengan Nyi Subang Larang. Sambil membawa domba, para santri turut berpenampilan nyentrik mengenakan atribut dan properti sesuai dengan tema yang diangkat.

Pimpinan Ponpes Dzikir Al Fath KH Fajar Laksana mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk menyampaikan syiar dan dakwah tentang manfaat luar biasa hewan kurban ini, di dalam ajaran Islam.  

"Di mana dengan kurban ini kita menjadi golongan yang beriman dan bertakwa sehingga kita insyaallah mendapatkan Al Kautsar kenikmatan yang banyak dan kita bisa melaksanakan salah satu syariat ajaran Islam di mana setiap muslim ini yang mampu wajib memotong hewan kurban," kata KH Fajar pada Minggu (16/6/2024). 

Selain itu, kata dia, juga tentang memaknai hikmah daripada kurban. Hikmah dari kurban ini syariat ajaran Islam yang menyebabkan umat Muslim mendapatkan ampunan dari Allah.

“Dan setiap bulu dombanya mendapatkan satu kebaikan dan ini menjadi syariat doa supaya Allah memberikan Al Kautsar kenikmatan yang banyak buat umat Islam," imbuhnya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Melatih Rasa Percaya Diri Santri

Dia mengatakan, kegiatan itu bertujuan agar para santri dilatih kreativitas dan keberaniannya untuk bisa tampil di hadapan orang banyak. Santri di Sukabumi ini juga dilatih untuk merangkai cerita supaya penampilan teatrikal dan fashion show domba menjadi menarik.

“Untuk menumbuhkan kreativitas dan ide ide gagasan bagaimana mereka dengan domba ini bisa membuat teatrikal membuat cerita lalu mereka mendesain domba sehingga menarik untuk ditonton dalam rangka juga untuk besoknya disembelih," jelasnya.

Domba-domba yang telah dirias akan disembelih pada Senin (17/6/2024) pada Idul Adha 1445 Hijriah, total ada 11 ekor domba dan 3 ekor sapi yang akan disembelih di Ponpes Dzikir Al Fath. Pada Hari Raya Idul Adha, para santri juga melakukan kegiatan bakar sate sepanjang kurang lebih 100 meter. 

"Seperti biasa hampir seluruh warga di komplek pesantren ini kita bagikan daging kurban dan juga besok kita bikin sate terpanjang biasanya kita nanti karena ini cukup banyak, sekarang ini dibanyakin di sapi dan insyaallah ini seluruh santri setelah sholat Idul Adha nanti kita bakar sate dari pintu gerbang sampai ke ujung," tutupnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.