Sukses

Mahasiswi SV Undip Raih 1st Best Video Innovation di Malaysia

Program Indonesian Youth Excursion Network (IYEN) berisi kegiatan pelatihan, diskusi, dan lokakarya yang difasilitasi para pemimpin muda.

Liputan6.com, Semarang - Siti Anjani, mahasiswi Prodi Bahasa Asing Terapan Sekolah Vokasi Undip, lolos sebagai Top 8 Delegates dalam Program Indonesian Youth Excursion Network (IYEN). Ia berhak berpartisipasi dalam perjalanan ke Kuala Lumpur, Malaysia

Program kepemudaan internasional tersebut dirancang khusus untuk pemuda dan pemudi yang ingin memperluas wawasan melalui pengalaman belajar di luar negeri.

Beberapa tahapan seleksi yang dilewati sebelum akhirnya lolos menjadi delegasi adalah seleksi berkas, tes wawasan kebangsaan, dan Focus Group Discussion (FGD).

Siti dipercaya menjadi ketua tim dalam satu kelompok bersama-sama mahasiswa lain dari Universitas Bina Nusantara, Universitas Riau, Universitas Jember, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Halu Oleo, dan seorang siswa dari SMAN 4 Padang.

Program IYEN mencakup kegiatan pelatihan, diskusi, dan lokakarya yang difasilitasi oleh ahli dan pemimpin muda untuk meningkatkan wawasan, keterampilan kepemimpinan, dan kerjasama dalam tim.

"Melalui program tersebut, saya merasakan secara langsung kedekatan budaya antara Indonesia dan Malaysia, yang membuat berkomunikasi dengan warga setempat menjadi lebih mudah. Program ini juga membuka peluang untuk terlibat dalam pengembangan inovasi yang memiliki potensi besar" kata Siti Anjani.

Salah satu momen penting dan berharga selama program ini adalah kesempatan untuk mengembangkan inovasi. Siti Anjani membawa inovasi berupa aplikasi Bluetain+, yang bertujuan untuk mengembangkan konsep Blue Economy di Indonesia dan mempercepat pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Inovasi ini diputuskan untuk diangkat menjadi proyek besar bersama yang akan dikembangkan dan dipresentasikan di Malaysia. Lewat aplikasi ini memungkinkan komunitas pesisir dapat mengakses pasar online untuk perkembangan ekonomi membuat inovasi ini mendapat respon yang positif dari para juri dan berhasil meraih penghargaan 1st Best Video Innovation.

"Melalui IYEN, saya tidak hanya menjadi lebih memahami budaya dan kehidupan sehari-hari di Malaysia, tetapi juga memiliki kesempatan untuk berkontribusi pada pembangunan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat luas" katanya.

Kaprodi Bahasa Asing Terapan SV Undip Sriwahyu Istana Trahutami SS MHum memberi apresiasi tinggi kepada Siti Anjani yang sukses mengikuti event di Malaysia tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.