Sukses

Deretan Legenda Hantu di Dunia yang Bikin Merinding

Hantu-hantu yang sudah melegenda di beberapa belahan dunia menampilkan berbagai bentuk dan kengerian tersendiri.

Liputan6.com, Yogyakarta - Hampir di setiap sudut dunia menyimpan kisah legenda tentang makhluk halus. Selain menegangkan, cerita legenda hantu yang identik dengan kisah mistis atau horor selalu menarik untuk ditelusuri.

Hantu-hantu yang sudah melegenda di beberapa belahan dunia menampilkan berbagai bentuk dan kengerian tersendiri. Mengutip dari berbagai sumber, berikut deretan legenda hantu dunia:

1. Drakula (Rumania)

Drakula atau vampir pengisap darah adalah hantu legenda di Rumania. Drakula mulai populer setelah rilisnya novel karya Bram Stoker laris di pasaran.

Novel itu berkisah tentang hidup drakula yang konon terinspirasi dari kisah nyata Vlad Drakula. Ia adalah putra dari seorang pembesar di Rumania yang terkenal karena kekejamannya dalam membunuh musuh.

Dari cerita yang beredar, Vlad membunuh musuhnya dengan cara menusuk musuhnya dari bokong, memutuskan kepala, serta mengisap darahnya. Ada keyakinan juga kalau Vlad tidak pernah mati dan hidup abadi dengan mengisap darah manusia.

2. Mae Nak (Thailand)

Masyarakat Thailand mengenal legenda hantu wanita bernama Mae Nak. Hantu ini merupakan sosok wanita yang kisahnya bermula di abad ke-19.

Saat itu, Nak dan suaminya yang bernama Mak tinggal di tepi kanal Phra Khanong. Karena masih dalam masa perang, Mak harus ikut berjuang dan meninggalkan Nak yang sedang hamil sendirian.

Setelah perang usai, Mak kembali ke rumah dan menemukan Nak bersama anaknya, tanpa tahu kalau sebenarnya Nak sudah meninggal saat melahirkan buah hati mereka. Kisah ini bahkan sudah difilmkan dengan judul Pee Mak dan akan digarap ulang versi Indonesia dengan judul Kang Mak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Okiku (Jepang)

3. Okiku (Jepang)

Okiku adalah hantu asal Jepang yang sangat melegenda. Hantu dari Nihon san dai-kaidan (kisah tiga hantu besar jepang) ini telah diceritakan ulang berkali-kali dalam versi berbeda, termasuk berbentuk folklor, teater boneka, kabuki, film, hingga manga.

4. Pontianak atau Kuntilanak (Bangsa Melayu)Bagi masyarakat Malaysia dan Indonesia kisah hantu yang satu ini sudah menjadi legenda yang telah dipercaya sejak lama. Masyarakat Indonesia menyebut hantu ini dengan nama kuntilanak, sedangkan di Malaysia disebut pontianak.

Hantu ini digambarkan sebagai makhluk halus dengan rambut panjang. Penampilannya tampak semakin seram dengan pakaian putih menjuntai. Kuntilanak atau pontianak umumnya senang menempati pohon tertentu.

5. White Death (Skotlandia)

White death adalah hantu cilik asal Skotlandia. Menurut cerita, white death adalah arwah anak kecil yang membunuh seluruh keluarganya setelah dirinya bunuh diri.

Konon, white death kerap merasuki anak-anak kecil setempat untuk membunuh keluarganya. White death menjadi semacam legenda hidup yang tidak boleh sembarangan disebut. Kehadiran white death biasanya ditandai dengan suara ketukan di pintu yang semakin lama akan terdengar semakin keras.

(Resla)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.