Sukses

Menyimpan Misteri, Ini 5 Tampat Horor di Malang

Destinasi wisata horor menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang ingin menguji adrenalin.

Liputan6.com, Malang - Malang menjadi salah satu destinasi wisata keluarga yang banyak dikunjungi wisatawan. Selain menawarkan keindahan dan keseruan di setiap destinasi wisatanya, Malang juga menyimpan sisi lain di beberapa wisata horornya.

Destinasi wisata horor menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang ingin menguji adrenalin. Mengutip dari berbagai sumber, berikut deretan wisata horor di Malang yang menyimpan misteri:

1. Gunung Kawi

Gunung Kawi terletak di sebelah barat daya Kabupaten Malang dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Blitar. Selain terkenal dengan kerifan lokal, nilai-nilai budaya, dan keindahan alamnya, konon Gunung Kawi juga kerap dikaitkan dengan pesugihan.

Karena kerap menjadi tempat pemujaan atau ritual, tempat ini pun terkesan mistis. Konon, di sini terdapat bangunan makam Eyang Jugo dan Eyang Sujono.

Eyang Jugo juga memberi peninggalan berupa Rumah Padepokan Eyang Jugo yang pertama kali didirikan di Blitar, Jawa Timur. Konon, rumah padepokan ini memiliki koneksi dengan pesugihan Gunung Kawi.

Terdapat berbagai peninggalan yang dikeramatkan, seperti bantal dan guling yang berbahan batang pohon kelapa dan tombak pusaka semasa perang Diponegoro. Tak jauh dari makam, terdapat sebuah keraton yang pernah menjadi milik Prabu Sri Kameswara, seorang pangeran dari Kerajaan Kediri yang beragama Hindu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gunung Penanggungan

2. Gunung Penanggungan

Menurut mitos yang berkembang di masyarakat Jawa, Gunung Penanggungan menjadi tempat tinggal para dewa dan roh halus. Konon, gunung yang memiliki banyak candi dan situs kuno ini merupakan jelmaan Mahameru.

Dalam kitab Tantu Panggelaran Saka 1557 atau 1635 M, menurut cerita para dewa sepakat untuk menyetujui bahwa manusia dapat berkembang di Pulau Jawa, tapi pulau itu tidak stabil dan selalu berguncang diterpa ombak lautan. Lalu untuk menstabilkan kondisi Pulau Jawa, para dewa memindahkan Gunung Mahameru dari Jambhudwipa ke Jawadwipa.

Dalam perjalanan kepindahan tersebut, sebagian Mahameru ada yang rontok berjatuhan. Maka, menjelmalah gunung-gemunung yang ada di Pulau Jawa dari barat ke timur.

Bagian terbesarnya jatuh menjelma menjadi Gunung Semeru, sedangkan puncak Mahameru diempaskan oleh para dewa menjadi Pawitra yang sekarang disebut Gunung Penanggungan.

3. Museum Brawijaya

Menyimpan banyak koleksi benda peninggalan perjuangan di masa kemerdekaan, Museum Brawijaya ternyata juga menyimpan mitos dan kisah seram tersendiri. Terdapat gerbong kereta api di museum ini yang konon kerap terdengar suara-suara misterius.

Pada 2013, sempat ramai di sosial media penampakan sosok putih di dalam gerbong yang terekam kamera. Gerbong tersebut merupakan peninggalan Belanda yang pernah mengangkut para pejuang kemerdekaan Indonesia.

 

3 dari 3 halaman

Wisma Erni

4. Wisma Erni

Wisma Erni merupakan bangunan kolonial yang sempat terlantar. Bangunan ini menjadi saksi bisu tragedi yang menimpa salah satu keluarga pemiliknya.

Beberapa orang mengatakan pernah melihat penampakan sosok perempuan misterius yang berdiri di balkon. Kini, Wisata Erni akan dialihfungsikan sebagai pesantren.

5. Wisma Tumapel

Wisma Tumapel terlihat menyeramkan saat menjelang malam. Konon, kerap muncul sosok penampakan noni Belanda dan wanita berambut panjang di tempat ini.

Bukan itu saja, beberapa orang mengatakan pernah melihat sosok anak kecil yang bermain-main di lorong. Konon, mereka adalah penghuni tetap wisma ini.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.