Sukses

Singapura Masih Jadi Destinasi Wisata Favorit Orang Indonesia, Ini Buktinya

Singapura masih menjadi salah satu negara destinasi wisata pilihan orang-orang Indonesia. Sebab, masih banyak orang Indonesia berwisata ke negara berjuluk Negeri Singa tersebut.

Liputan6.com, Medan Singapura masih menjadi salah satu negara destinasi wisata pilihan orang-orang Indonesia. Sebab, masih banyak orang Indonesia berwisata ke negara berjuluk Negeri Singa tersebut.

Mohamed Hafez Marican, selaku Area Director, Singapore Tourism Board (STB), Indonesia, mengatakan, pada 2023 jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Singapura sebanyak 13,6 juta.

"Dari jumlah 13,6 juta ini, wisatawan asal Indonesia yang berkunjung ke Singapura sebanyak 2,3 juta," kata Hafez dalam Media Gathering STB di Aryaduta Hotel Medan, Rabu (22/5/2024).

Melihat jumlah wisatawan yang berkunjung ke Singapura pada 2023, wisatawan asal Indonesia merupakan yang teratas. Diikuti Tiongkok dan Malaysia, masing-masing 1,4 juta, dan 1,1 juta wisatawan.

"Pada kuartal pertama 2024 saja, dari Indonesia sudah 664.000 wisatawan memilih Singapura sebagai destinasi pilihan mereka. Ini menggambarkan daya tarik Singapura sangat kuat bagi wisatawan Indonesia," Hafez menerangkan.

Disinggung soal pemasukan negara dari sisi pariwisata, diungkapkan Hafez, periode Januari hingga September 2023, penerimaan pariwisata Singapura mencapai SGD 20,1 miliar. Kontribusi utama dari pasar utama termasuk Tiongkok, Indonesia, dan Australia.

"Pengunjung dari negara-negara ini masing-masing menghasilkan SGD 2,3 miliar, SGD 2,2 miliar, dan SGD 1,5 miliar," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kampanye Made In Singapore

Manager International Group STB Indonesia, Indriati Permanasari menambahkan, untuk menginspirasi wisatawan berkunjung ke Singapura, diluncurkan kampanye pemasaran global "Made in Singapore".

"Melalui kampanye ini, tujuan kita untuk menarik perhatian wisatawan, termasuk dari Indonesia, dan menginspirasi mereka untuk memilih Singapura sebagai destinasi wisata," ujarnya.

Kampanye ini memberikan sentuhan baru pada brand destinasi Passion Made Possible dan berfokus pada bagaimana Singapura mengubah momen sehari-hari yang biasa menjadi pengalaman luar biasa dan tak terlupakan bagi para wisatawan.

"Kampanye bertujuan menampilkan berbagai atribut Singapura. Juga ingin mengangkat apa yang biasa jadi luar biasa, pengalaman unik hanya di Singapura, dan dari atraksi ikonik hingga hidden gems," Indriati menuturkan.

3 dari 4 halaman

Destinasi Ramah Muslim

Disebutkan Indriati, Singapura juga memperkuat destinasi ramah muslim, di mana hal yang biasa menjadi luar biasa. Mulai dari berbagai restoran bersertifikat Halal hingga fasilitas ibadah yang mudah diakses dan kalender acara yang semarak.

"Wisatawan muslim dapat menjelajahi Singapura dengan tenang dan nyaman," ucapnya.

Singapura menawarkan lebih dari 2.900 tempat makan dan minum bersertifikat halal, yang mencerminkan keragaman masyarakatnya dan perannya sebagai persimpangan budaya.

Tidak hanya itu, fasilitas ibadah yang mudah diakses. Hal ini memastikan kemudahan dan kenyamanan bagi wisatawan muslim untuk menjalankan ibadah mereka sembari menikmati perjalanan.

"Soal ibadah, di Singapura ada lebih dari 70 masjid yang tersebar di seluruh wilayah," sebutnya.

4 dari 4 halaman

Gerbang Menuju Petualangan Kapal Pesiar

Dipaparkan Indriati, dengan lokasinya yang strategis, konektivitas udara kelas dunia, dan ekosistem maritim yang kuat, Singapura menghadirkan pilihan liburan yang menarik bagi wisatawan Indonesia untuk mencari pengalaman berlayar yang luar biasa.

Popularitas Singapura yang semakin meningkat sebagai pusat pelayaran kapal pesiar di regional, ditambah dengan beragam kemitraan eksklusif dan penawaran untuk kapal pesiar, memposisikan Singapura sebagai pintu gerbang ideal wisatawan Indonesia memulai petualangan kapal pesiar.

"Posisi Singapura sebagai pusat kapal pesiar regional semakin kuat pada tahun 2023, dengan rekor 2 juta penumpang yang diterima dari lebih dari 340 kunjungan kapal sejak dibukanya Marina Bay Cruise Centre Singapore," terangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.