Sukses

Terima Tanda Penghargaan Bintang LVRI, Sri Sultan HB X Ungkap Makna yang Mendalam

 Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima Anugerah Tanda Penghargaan Bintang Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LVRI pada Selasa (11/06) di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta atas dharma baktinya untuk pembangunan bangsa.  

Liputan6.com, Yogyakarta - Ada makna mendalam bagi Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X saat menerima Anugerah Tanda Penghargaan Bintang Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI). Penghargaan Bintang LVRI ini bagi Sultan sangat membanggakan dan menandai eratnya hubungan antar komponen bangsa. 

“Dengan selalu bersyukur atas berkah dan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, pagi ini merupakan kehormatan bagi saya pribadi, keluarga, Keraton Yogyakarta, Pemda DIY dan rakyat Yogyakarta, atas penganugerahan Tanda Penghargaan Bintang LVRI kepada saya,” ungkap Sri Sultan, Selasa 11 Juni 2024.

Sri Sultan HB X menyebut peristiwa mendapatkan penghargaan Bintang LVRI ini menjadi penanda dasar penguatan persaudaraan yang beralaskan pada nilai-nilai nasionalisme. Menurutnya tindak lanjutnya menjadi sangat indah, apabila dapat melakukan berbagai kegiatan dan kolaborasi penguatan nasionalisme dan nilai-nilai kebangsaan untuk seluruh warga DIY.

Setelah mendapatkan penghargaan Bintang LVRI ini Sri Sultan berharap dapat diberi keteguhan sikap batin, moralitas dan kearifan dalam turut berupaya menjaga nilai-nilai kebangsaan. 

“Saya mohon doa restu, dengan kehormatan yang tersandang ini, mampu saya gunakan bagi setiap gerakan kebangsaan, seiring upaya menjalin silaturahmi dengan para veteran, yang telah memberikan segenap cintanya kepada nusa bangsa,” ucap Sri Sultan.

Sumbangsih Sri Sultan HB X menurut Letnan Jenderal TNI (Purn) H.B.L. Mantiri, Ketua Umum DPP LVRI sangat banyak baik moril maupun materiil dalam  upaya pembinaan anggota maupun organisasi LVRI. Salah satunya pemberian Surat Palilah Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat berupa pemberian izin sementara pemanfaatan tanah kesultanan kepada LVRI.

“Ini adalah bentuk komitmen mulia Sri Sultan yang kami rasakan sangat besar manfaatnya bagi LVRI maupun anggota veteran secara keseluruhan. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Sri Sultan dan ijinkan kami menganugerahi Bintang LVRI sebagai Tanda Penghargaan tertinggi dari LVRI atas atensi dan kontribusi positif Sri Sultan kepada LVRI,” Kata Mantiri.

Mantiri berharap, semoga kerjasama yang baik dan terjalin selama ini bisa berlangsung terus demi kemaslahatan masyarakat, bangsa dan negara.  Dalam acara penghargaan Bintang LVRI ini juga dihadiri Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X, Komisaris Jenderal (Purnawirawan) Dr. Ito Sumardi, serta  Jajaran Forkopimda DIY dan Jajaran DPP LVRI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.