Sukses

Gunung Ibu Maluku Utara Erupsi, Lontarkan Lava Pijar

"Teramati lontaran lava pijar 500 m ke arah barat lereng Gunung Ibu saat erupsi pada Sabtu, 15 Juni 2024 sekira pukul 20:12 WIT.

Liputan6.com, Bandung - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi, melaporkan telah terjadi erupsi Gunung Ibu di Maluku Utara, Sabtu, 15 Juni 2024 sekira pukul 20:12 WIT.

PVMBG menyampaikan bahwa erupsi itu disertai lontaran lava pijar. "Teramati lontaran lava pijar 500 m ke arah barat lereng Gunung Ibu," dikutip dari laporan tertulis tim PVMBG di Bandung (15/6/2024).

Adapun, tinggi kolom abu teramati sekitar 2.000 meter di atas puncak (± 3.325 meter di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya.

"Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 28 mm dan durasi ± 1 menit 27 detik".

PVMBG saat ini menyatakan, Gunung Ibu berada pada Status Level IV (Awas). Sehubungan dengna kondisi terkini Gunung Ibu, masyarakat pun diminta mengikuti sejumlah rekomendasi yang telah dikeluarkan, antara lain:

1. Masyarakat di sekitar G. Ibu dan pengunjung/wisatawan agar tidak beraktivitas di dalam radius 4 km dan perluasan sektoral berjarak 7 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif G. Ibu.

2. Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker) dan mata (kacamata).

3. Seluruh pihak agar menjaga kondusivitas suasana di masyarakat, tidak menyebarkan narasi bohong (hoax), dan tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya. Masyarakat agar selalu mengikuti arahan dari Pemerintah Daerah.

4. Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat agar senantiasa berkoordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung atau dengan Pos Pengamatan G. Ibu di Gam Ici untuk mendapatkan informasi langsung tentang aktivitas G. Ibu.

5. Masyarakat, instansi pemerintah, maupun instansi terkait lainnya dapat memantau perkembangan aktivitas maupun rekomendasi G. Ibu melalui aplikasi android Magma Indonesia, website Magma Indonesia (www.vsi.esdm.go.id atau https://magma.esdm.go.id), dan media sosial PVMBG (facebook, twitter, dan instagram).

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.