Sukses

Pemilih Gen Z di Kota Tangerang Capai 339.829 Orang

Pj Wali Kota Tangerang, Nurdin menjelaskan, jumlah Daftar Pemilih Tetap pada Pileg lalu berdasarkan data KPU Kota Tangerang sebanyak 1.362.773, sementara dari Data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) meningkat menjadi 1.385.155.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang Pilkada 2024, jumlah pemilih di Kota Tangerang meningkat hingga mencapai 20 ribu orang. Gen Z dan Milenial masih mendominasi jumlah pemilih tetap di daerah tersebut.

Pj Wali Kota Tangerang, Nurdin menjelaskan, jumlah Daftar Pemilih Tetap pada Pileg lalu berdasarkan data KPU Kota Tangerang sebanyak 1.362.773, sementara dari Data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) meningkat menjadi 1.385.155.

"Dimana di dalamnya terdapat sekitar 339.829 orang Gen Z dan 512.571 Generasi Milenial. Sehingga, terdapat peningkatan sekitar 20 ribuan pemilih, di mana lebih dari setengah jumlah pemilih pemula di Kota Tangerang adalah Gen Z dan Milenial," ungkap Nurdin.

Untuk itu, kata dia, perlu agar penyelenggara Pemilu dan juga Pemkot Tangerang, untuk terus berupaya memberikan pemahaman tentang Pilkada. Agar para pemilih bisa ikut berpartisipasi dalam Pilkada nanti, bulan November 2024.

"Sangat penting bagi generasi muda, untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai proses pemilihan serta pentingnya partisipasi aktif dalam Pilkada 2024,"katanya.

Sehingga, hal-hal yang dikhawatirkan seperti tingginya angka golput pada pemilih pemula hingga tidak tercantumnya sebagai pemilih tetap, tidak akan terjadi di kemudian hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kesadaran Politik

Sementara itu, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Tangerang, Teguh Supriyanto, menjelaskan, tujuan kegiatan ini agar terbentuknya kesadaran para generasi muda akan pentingnya konstitusi politik.

"Diharapkan partisipasi politik masyarakat Kota Tangerang khususnya para Pemilih Pemula meningkat, dan mereka diharapkan dapat berperan aktif mengeluarkan aspirasi dan pendapatnya melalui wadah Pilkada, untuk masa depan Kota Tangerang yang lebih baik," tukas Teguh.

Sebagai informasi, dalam acara Sosialisasi Pilkada Tahun 2024 ini, Pj Wali Kota Tangerang turut membagikan Bendera Merah Putih Kepada Perwakilan Universitas di Kota Tangerang sebagai Gerakan Nasional Pembagian 10 juta Bendera Merah Putih.

 

3 dari 3 halaman

Pentingnya Keterlibatan Anak Muda

Sementara itu, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Tangerang, Teguh Supriyanto, menjelaskan, pihaknya memberi pemahaman terkait pentingnya keterlibatan anak muda dalam konstitusi politik.

"Diharapkan partisipasi politik masyarakat Kota Tangerang khususnya para Pemilih Pemula meningkat, dan mereka diharapkan dapat berperan aktif mengeluarkan aspirasi dan pendapatnya melalui wadah Pilkada, untuk masa depan Kota Tangerang yang lebih baik," kata Teguh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini