Sukses

Goo Hara Jadi Tokoh Utama yang Membantu Terbongkarnya Skandal 'Burning Sun'

Dalam film tersebut, terungkap bahwa ternyata mendiang Goo Hara adalah tokoh utama yang membantu terbongkarnya skandal hiburan dan seks terbesar di Kpop itu.

Liputan6.com, Yogyakarta - Goo Hara menjadi sosok berjasa yang membantu membongkar skandal Burning Sun. Hal itu terungkap melalui film dokumenter Burning Sun: Exposing the Secret K-pop Chat Groups yang dirilis BBC.

Hara adalah solis sekaligus member grup Kpop Kara. Semasa karier bermusiknya, ia populer melalui beberapa lagu serta memiliki image streetwise dan independen.

Dalam film tersebut, terungkap bahwa ternyata mendiang Goo Hara adalah tokoh utama yang membantu terbongkarnya skandal hiburan dan seks terbesar di Kpop itu. Dalam film dokumenter tersebut, seorang wartawan bernama Kang Kyung Yoon mengatakan bahwa dirinya dihubungi oleh Goo Hara tepat saat dirinya sedang mencari tahu soal informasi terkait kepala polisi yang terlibat kasus Burning Sun.

"Aku masih ingat hari itu dan suaranya. Dia bilang, 'Reporter, ini Hara. Aku benar-benar ingin membantumu'," kata jurnalis Kang seperti dikutip dari film dokumenter Burning Sun.

Saat itu juga, jurnalis Kang merasa sangat bersyukur. Hara dan salah satu pelaku yang terlibat dalam skandal Burning Sun, Choi Jong Hoon (eks FT Island), diketahui dekat sejak debut. Hara juga mengetahui pelaku lainnya, yakni Seungri (eks BIGBANG) dan Jung Joon Young.

Jurnalis Kang mengatakan bahwa Hara berteman dengan mereka, sehingga ia bisa melihat ponsel dari tiga kenalannya tersebut. Goo Hara lalu mengungkapkan jika saat itu memang banyak hal aneh yang terjadi dan mengaku ingin membantu sang jurnalis.

"Aku bilang ke dia (Goo Hara), ‘Sejujurnya aku ingin tahu identitas dari kepala polisi itu, tapi aku tidak punya cara. Jadi apa kamu tahu sesuatu yang berkaitan dengan dia? Hara, apakah kamu bisa membantuku?" katanya menceritakan bagaimana Hara membantunya.

Saat itu, Goo Hara langsung bertanya pada Choi Jong Hoon terkait identitas dari kepala polisi tersebut. Dari keterangan Hara yang didapatkan dari Choi akhirnya diketahui bahwa polisi itu bukan karakter fiksi dan dia bernama Yoon Gyugeun.

Polisi itulah yang membantu komplotan pelaku Burning Sun, sehingga seolah-olah memiliki status tak tersentuh. Goo Hara tak hanya hadir sebagai seseorang yang membantu terbongkarnya skandal ini, ia juga merupakan korban.

"Hara adalah perempuan yang sangat berani. Dia berkata padaku, 'aku juga korban revenge porn'," katanya.

Berkat bantuan Goo Hara, jurnalis Kang dalam waktu dua hari bisa membongkar kasus Burning Sun melalui dua artikel penting yang ditulisnya. Saat mengingat soal bantuan Goo Hara, sang jurnalis mengaku sangat berterima kasih kepada mendiang.

Setelah lima tahun lamanya, film dokumenter Burning Sun mengungkap sejumlah potongan video, rekaman, hingga isi chat yang sebelumnya belum pernah diketahui publik. Skandal ini melibatkan Jung Joon Young, Choi Jong Hoon (eks FT Island), Seungri (eks BIGBANG), Lee Jong Hyun (eks CNBLUE), Yong Jun Hyung (eks Highlight), dan beberapa nama lainnya.

Sementara itu, Goo Hara telah meninggal dunia pada 2019 usai mengakhiri hidupnya sendiri karena berbagai tekanan yang ia alami.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini