Sukses

Cuaca Ekstrem Berpotensi Melanda Sebagian Besar Wilayah di Sulut

Ben mengatakan, potensi yang bisa ditimbulkan ketika terjadi kondisi cuaca ekstrem adalah bencana banjir dan tanah longsor serta pohon tumbang.

Liputan6.com, Manado - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Sulut berpotensi dilanda cuaca ekstrem hingga beberapa hari ke depan.

"Kami berharap warga berhati-hati apabila melakukan aktivitas saat cuaca ekstrem," ujar Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben A Molle pada, Kamis (16/5/2024).

Ben mengatakan, potensi yang bisa ditimbulkan ketika terjadi kondisi cuaca ekstrem adalah bencana banjir dan tanah longsor serta pohon tumbang.

Sejumlah wilayah kabupaten dan kota, kata dia, berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 18 Mei 2024," ujarnya.

Wilayah-wilayah berpotensi cuaca ekstrem di tanggal 16 Mei mencakup Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow. Kemudian di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Pada 17 Mei, kondisi cuaca serupa berpeluang terjadi di Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

“Sedangkan pada 18 Mei diprediksi terjadi di wilayah Kota Tomohon, Kota Manado, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.
    Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.

    Cuaca Ekstrem

  • Manado adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.
    Manado adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

    Manado

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Sulut