Sukses

Cuaca Besok Kamis 13 Juni 2024: Hujan Bakal Guyur Jakarta di Malam Hari

Langit pagi hingga siang Jakarta besok, Kamis 13 Juni 2024 keseluruhannya diprakirakan berawan, kecuali Jakarta Barat cerah berawan. Begitulah prediksi cuaca besok.

Liputan6.com, Jakarta - Langit pagi hingga siang Jakarta besok, Kamis, 13 Juni 2024, keseluruhannya diprakirakan berawan, kecuali Jakarta Barat cerah berawan. Begitulah prediksi cuaca besok.

Pada malam hari, laporan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut, hampir seluruh wilayah Jakarta diprakirakan hujan berintensitas ringan, kecuali Jakarta Pusat dan Jakarta Utara hujan sedang.

Wilayah penyangganya yaitu Bekasi, Depok, dan Kota Bogor, Jawa Barat langit paginya diprediksi cerah berawan, namun siang hingga malam harinya diguyur hujan dengan intensitas ringan.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada skala lokal dan durasi singkat pada waktu siang hingga malam dan dini hari di sebagian wilayah Kabupaten dan Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang, Kabupaten Cianjur, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten dan Kota Bogor," papar BMKG.

Jauh berbeda di Kota Tangerang, Banten, diprakirakan BMKG cuaca sepanjang harinya bakal cerah berawan tanpa ada hujan sama sekali.

Berikut informasi prakiraan cuaca Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota  Pagi  Siang   Malam 
 Jakarta Barat  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Hujan Ringan
 Jakarta Pusat   Berawan  Berawan  Hujan Sedang
 Jakarta Selatan   Berawan  Berawan  Hujan Ringan
 Jakarta Timur   Berawan  Berawan  Hujan Ringan
 Jakarta Utara   Berawan  Berawan  Hujan Sedang
 Kepulauan Seribu   Berawan  Berawan  Hujan Ringan
 Bekasi   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Depok   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Kota Bogor   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Tangerang  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa saat Cuaca Panas Ekstrem dari Salafus Shalih, dan Hikmah di Baliknya

Sebelumnya, Indonesia dan wilayah sekitarnya sering sekali mengalami cuaca panas yang luar biasa. Keadaan ini tergolong tidak biasa dan membuat banyak orang tidak nyaman dengan suhu tersebut.

Meskipun demikian, kita dapat bersyukur bahwa para ulama dan wali Allah SWT telah memberikan berbagai tuntunan doa yang sangat bermanfaat dalam menghadapi situasi ekstrem seperti ini.

Doa semacam ini menjadi sumber kekuatan dan ketenangan bagi banyak orang di tengah panas yang menyengat ini.

Dalam keadaan panas yang tidak biasa ini, menjalankan amalan-amalan ibadah serta memperbanyak zikir dan doa bisa menjadi sarana untuk menenangkan hati dan memohon perlindungan dari Allah SWT.

Bersyukur atas nikmat-Nya dan kesabaran dalam menghadapi cobaan adalah kunci dalam menghadapi cuaca panas ekstrem seperti ini.

3 dari 3 halaman

Berikut Doa yang Bisa Diamalkan

Mengutip islamindonesia.id, berikut ini salah satu doa yang disampaikan oleh Allahu Yarham Al-Habib Abu Bakar al-‘Adni bin Ali Al-Masyhur, dalam salah satu pengajian yang diasuh olehnya saat masih hidup.

Ia menyampaikan bahwa para salafus shalih selalu berdoa pada hari yang sangat panas dengan doa berikut:

"Allahumma shalli ala sayyidina Muhammadin wa Ala Sayyidna Muhammad ma asyadda harra hadzal yaum. Allahumma qini min harri nari Jahannam."

"Ya Allah limpahkanlah shalawat kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad, Ya Allah alangkah panasnya hari ini, Ya Allah jagalah hamba dari panasnya Api Neraka Jahanam."

Semoga dengan kita mengamalkan ijazah ini, Allah berikan keringanan kepada kita terhadap cuaca panas akhir-akhir ini, dan Allah karuniai kita semua keselamatan dari azab api neraka Jahanam.

Selain doa tersebut, kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan juga harus semakin ditingkatkan.

Dengan memperhatikan dampak dari perubahan iklim dan pola hidup yang ramah lingkungan, diharapkan dapat membantu dalam mengurangi intensitas cuaca ekstrem seperti panas yang sedang kita alami.

Upaya kolektif untuk menjaga kelestarian alam menjadi semakin penting dalam menghadapi tantangan perubahan iklim yang semakin nyata dan merasuk ke dalam kehidupan sehari-hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.