Sukses

Danau-Danau Terbaik di Indonesia yang Berpotensi Jadi Wisata Unggulan

Wisata danau pun menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Liputan6.com, Yogyakarta - Keindahan danau menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pariwisata di Indonesia. Danau berperan penting sebagai sumber pasokan air untuk menghidupi manusia sekaligus memiliki fungsi sosial dan ekonomi untuk masyarakat.

Danau-danau di Indonesia menawarkan keindahan alam yang sekaligus menyimpan sejarah dan makna mendalam. Wisata danau pun menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia. 

Mengutip dari kemenparekraf.go.id, berikut danau-danau terbaik di Indonesia:

1. Danau Beratan, Bali

Bali tak hanya populer dengan keindahan pantainya. Pulau Dewata ini juga memiliki danau yang tak kalah menarik, salah satunya Danau Beratan.

Danau Bratan berada di kawasan pegunungan Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Danau ini menawarkan keindahan Pura Ulun Danu Bratan berlatar belakang pemandangan alam yang eksotis.

Danau ini juga menjadi lokasi Festival Budaya Ulun Danu Beratan VI pada 18 Desember 2023-3 Januari 2024. Saat itu, acara dimeriahkan oleh lebih dari 1.200 seniman.

2. Danau Limboto, Gorontalo

Danau Limboto merupakan danau terbesar di Gorontalo. Menariknya, danau ini terhubung dengan laut dan menjadi habitat bagi ikan dan burung migran.

Untuk berkeliling ke sekitar danau, wisatawan bisa menyewa perahu. Danau Limboto bisa menjadi destinasi wisata pilihan saat berkunjung ke Gorontalo karena kerap mengadakan festival budaya yang dikenal dengan Festival Pesona Danau Limboto.

Tahun ini, Festival Pesona Danau Limboto akan berlangsung pada 22-26 Juni 2024. Festival tersebut merupakan rangkaian dari Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Danau Matano, Sulawesi Selatan

3. Danau Matano, Sulawesi Selatan

Danau Matano berada di Desa Matano, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Danau ini dinobatkan sebagai salah satu danau terdalam di Asia Tenggara.

Menurut sejarah, Danau Matano terbentuk dari aktivitas pergerakan lempeng kerak bumi sekitar 2-4 juta tahun silam. Selain keindahan pemandangan alam dan air yang sangat jernih, danau ini juga dikenal menyimpan keindahan bawah air yang menakjubkan.

4. Danau Melintang, Kalimantan Timur

Danau Melintang di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, ini memiliki desa wisata yang cukup unik, yakni Desa Wisata Muara Enggelam. Desa tersebut berada di tengah-tengah Danau Melintang.

Karena lokasinya di tengah danau, rumah-rumah yang ada di kawasan Desa Wisata Muara Enggelam pun dibangun terapung. Masyarakat lokal hanya menggunakan perahu sebagai transportasi utama. 

5. Danau Sentani, Papua

Danau Sentani memiliki banyak daya tarik yang sayang untuk dilewatkan, mulai dari danau berlatar belakang pegunungan megah hingga rumah-rumah tradisional yang terapung di danau. Rumah-rumah tersebut dijuluki sebagai Kampung Yoboi.

Bukan itu saja, danau ini juga memiliki daya tarik wisata berupa Festival Danau Sentani. Festival tersebut menampilkan berbagai atraksi budaya masyarakat adat Sentani yang sudah dilakukan secara turun-temurun.

6. Danau Toba, Sumatra Utara

Berbicara tentang danau di Indonesia tentu tak bisa mengabaikan Danau Toba. Danau yang berada di Sumatra Utara ini merupakan salah satu danau vulkanik terbesar di dunia. Danau Toba terbentuk dari letusan dahsyat Gunung Toba puluhan ribu tahun silam.

Danau Toba juga masuk ke dalam Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Danau ini juga menjadi langganan tuan rumah event skala internasional, seperti F1 Powerboat Danau Toba 2024 dan Trail of the Kings (TOTK) Zero Edition. 

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini