Sukses

Calon Tunggal, Nasdem Rekomendasi Eti Herawati di Pilkada 2024 Kota Cirebon

Penetapan Eti Herawati sebagai calon tunggal dari Nasdem berdasarkan hasil rapat Pleno DPD Kota Cirebon

Liputan6.com, Cirebon Sejumlah nama mulai muncul menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Cirebon 2024. Sebagian besar Partai Politik di Kota Cirebon gencar membuka penjaringan untuk memberi rekomendasi kepada yang terpilih. 

Namun langkah tersebut tidak dilakukan oleh Nasional Demokrat (Nasdem) Kota Cirebon. Partai besutan Surya Paloh tersebut tidak membuka penjaringan calon Wali Kota, bahkan mereka sudah menentukan sendiri sosok yang akan maju Pilwalkot Cirebon 2024. 

"Iya tidak buka (penjaringan), calon tunggal," ujar Sekretaris DPD Nasdem Kota Cirebon Harry Saputra Gani kepada Liputan6.com, Kamis (9/4/2024).

Harry menyebutkan, calon tunggal Wali Kota Cirebon pada Pilkada 2024 yakni Eti Herawati. Diketahui, Eti Herawati merupakan mantan Wakil Wali Kota Cirebon periode 2019-2024.

Penetapan Eti Herawati sebagai calon tunggal dari Nasdem berdasarkan hasil rapat Pleno DPD usulan calon kepala daerah dan atau wakil kepala daerah pada Pilkada tahun 2023 dari Partai Nasdem. 

"Dari rapat pleno menghasilkan calon untuk calon Walikota Cirebon di Pilkada 2024, yakni ibu Hj Eti Herawati," kata Harry. 

Harry menjelaskan, sosok Eti Herawati adalah salah satu kader Nasdem yang memiliki dedikasi tinggi. Baik kepada partai maupun masyarakat Kota Cirebon. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rekam Jejak

Harry mengatakan, pada tahun 2014 Eti Herawati membawa Nasdem ke 3 besar di DPRD Kota Cirebon. Tahun 2019, Eti Herawati sukses mempertahankan kursi dan menjadi Wakil Wali Kota Cirebon. 

"Di akhir masa jabatannya bu Eti menjadi Wali Kota Cirebon 1 bulan," ujar Harry. 

Eti Herawati kembali memberi kontribusi dengan membawa Nasdem sebagai salah satu partai yang mendapat suara terbanyak di Kota Cirebon. 

Oleh karena itu, Ia optimis, Eti Herawati kembali terpilih pada Pilkada 2024 Kota Cirebon. Usai penetapan, Harry mengaku sudah melakukan komunikasi politik dengan partai lain dalam rangka mencari pasangan ideal sebagai pendampingnya di Pilkada 2024. 

"Sudah komunikasi dengan Gerindra, Demokrat, PKS serta beberapa partai lain nya biarpun ada yang sifat nya masih non formil yah," kata Harry. 

Nasdem, katanya, mulai memanaskan mesin partai untuk menangkan Pilkada pada November mendatang. Baik struktur maupun relawan sudah menyiapkan diri untuk memenangkan Eti Herawati. 

Harry mengatakan, usulan hasil rapat pleno akan dibawa ke rapat serupa di tingkat DPW dan DPP. Peserta dalam Pleno terdiri dari Pengurus DPD Partai NasDem Kota Cirebon dan Sayap Partai, Garnita Malahayati NasDem, Garda Pemuda NasDem, dan Gemuruh NasDem.

"Besok akan dibawa ke DPW kemudian nanti ditetapkan oleh DPP," ujar Wakil Ketua DPW Nasdem Jawa Barat Yuyun Wahyu Kurnia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.