Sukses

Kartu Prakerja Gelombang 67 Segera Dibuka, Simak Syarat dan Cara Daftarnya

Kartu Prakerja Gelombang 67 disebut-sebut akan segera dibuka dan untuk mempersiapkan pendaftarannya simak syarat dan cara daftar berikut.

Liputan6.com, Bandung - Program Kartu Prakerja masih menjadi salah satu program pemerintah yang berjalan dalam membantu para pekerja atau pencari kerja meningkatkan kualitas mereka. Memasuki bulan Mei kali ini program Kartu Prakerja berada di gelombang 67.

Sebagai informasi saat ini belum ada pengumuman resmi terkait jadwal pembukaan Kartu Prakerja Gelombang 67. Sementara gelombang sebelumnya yaitu Gelombang 66 baru ditutup pada 22 April 2024.

Meskipun belum ada pengumuman pastinya menurut beberapa sumber program Kartu Prakerja Gelombang 67 kemungkinan dibuka pada awal Mei 2024. Para peserta yang tertarik untuk mendaftar bisa memperhatikan sejumlah syarat yang harus dipenuhi.

Kemudian peserta yang belum memiliki akun Prakerja bisa membuat terlebih dulu akunnya melalui situs resmi Prakerja. Berdasarkan informasi dari media sosial Prakerja terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan para pendaftar.

Salah satunya harus berhati-hati dan memahami bahwa pendaftaran akun Prakerja hanya bisa dilakukan secara mandiri melalui situs resmi Prakerja atau www.prakerja.go.id. Pendaftaran Prakerja juga bersifat gratis dan tidak dipungut biaya apapun.

Pendaftaran Prakerja GRATIS, tidak dipungut biaya!,” tulis @prakerja.go.id.

Pihak Prakerja juga mengimbau masyarakat untuk berhati-hati bahwa pihaknya tidak pernah mengadakan kegiatan berupa “Penyuluhan” atau “Sosialisasi” melalui pihak ketiga. Sehingga peserta harus berhati-hati jika mendapatkan informasi tersebut.

Prakerja juga tidak pernah mengadakan kegiatan berupa “Penyuluhan” maupun “Sosialisasi” melalui pihak ketiga yang disertai dengan pendaftaran di tempat dengan pengumpulan data-data pribadi,” tulisnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Syarat Daftar Program Prakerja

Melansir dari situs resmi Prakerja berikut ini beberapa syarat mendaftar program Prakerja yang harus dipenuhi peserta:

1. Warga Negara Indonesia (WNI) berusia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 64 tahun.

2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.

3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.

4. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.

5. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

3 dari 4 halaman

Cara Daftar Program Prakerja

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mendaftar program Prakerja:

1. Peserta bisa mendaftarkan diri melalui situs resmi prakerja yaitu www.prakerja.go.id.

2. Bagi peserta yang belum memiliki akun bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan mempersiapkan e-mail dan nomor HP aktif, NIK, hingga nomor KK.

3. Kemudian bisa melakukan pendaftaran dengan mengklik tombol “Daftar” dan masukan e-mail serta kata sandi yang akurat.

4. Lakukan verifikasi email dengan mengklik tautan verifikasi.

5. Selanjutnya login kembali ke situs web Prakerja dan login melakukan email dan kata sandi yang sudah didaftarkan.

6. Lengkapi profil dengan data diri dan informasi lainnya yang diperlukan secara benar.

7. Ikuti tes berupa tes kemampuan dasar dan tes wawasan kebangsaan yang telah disediakan.

8. Lanjut dengan memilih “Gabung Gelombang” pada Gelombang 67.

9. Tunggu pengumuman kelulusan melalui SMS atau email.

4 dari 4 halaman

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Daftar Program Prakerja

Melansir dari unggahan Instagram resmi Prakerja para peserta yang ingin mendaftar program tersebut harus memperhatikan beberapa hal seperti berikut:

1. Pendaftaran akun Prakerja hanya dilakukan secara mandiri melalui laman www.prakerja.go.id.

2. Bergabung pada gelombak seleksi dapat dilakukan secara mandiri dengan klik “Gabung Gelombang” saat gelombang seleksi dibuka, tidak perlu dibantu pihak lain.

3. Tidak ada pihak yang dapat menjanjikan dan menjamin kelolosan pada gelombang seleksi Prakerja.

4. Pendaftaran Prakerja GRATIS, tidak dipungut biaya!

5. Prakerja tidak pernah mengadakan kegiatan berupa “Penyuluhan” maupun “Sosialisasi” melalui pihak ketiga yang disertai dengan pendaftaran di tempat dengan pengumpulan data-data pribadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini