Sukses

Mau Donat Lembut dan Membentuk Ring? Begini Resep dan Tipsnya

Teknik menggoreng donat yang baik akan menghasilkan ring putih di sekitar donat.

Liputan6.com, Jakarta - Donat adalah kudapan sepanjang masa yang hadir dengan berbagai varian. Bentuk dan topping-nya pun kian beraneka ragam dan menggugah selera.

Meski berbagai jenis donat dijual di pasaran, baik dari produk brand besar hingga skala rumahan, namun tidak ada salahnya untuk praktik membuat donat rumahan. Selain lebih murah, donat yang dibuat sendiri juga terjaga kualitas bahannya.

Kita juga bisa berkreasi untuk membuat resep donat yang sesuai selera keluarga di rumah. Termasuk dengan teksturnya yang bisa dibuat lebih lembut.

Beberapa tips membuat donat lembut pun sudah jamak diketahui mulai dari pencampuran tepung terigu protein tinggi dengan kentang hingga tambahan lain seperti tape. Namun tak jarang donat juga mengalami permasalahan misalnya sulit dibentuk, tidak mengembang, tidak kokoh, dan bertekstur keras.

Karena itu, dibutuhkan teknik mulai dari pengadukan adonan, pengistirahatan adonan hingga proses penggorengan. Teknik yang salah bisa membuat donat tidak mengembang sempurna hingga membuat donat terlalu gosong saat digoreng.

Padahal, pembuatan donat relatif sederhana dan tidak membutuhkan alat khusus seperti proofer untuk membuat adonan mengembang. Donat juga tidak membutuhkan oven karena melalui proses penggorengan. Karenanya, resep donat praktis untuk diuji coba bagi Anda yang belum memiliki 'alat tempur' yang mumpuni.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Resep dan Tips Donat Lembut

Untuk membuat donat yang lembut dan gurih, serta membentuk ring saat digoreng, berikut resep dan tips yang bisa Anda coba:

Bahan

800 gram tepung terigu protein tinggi

200 gram tepung terigu protein sedang atau kentang kukus

12 gram ragi instan

+/- 410 gram air dingin

120 gram gula pasir

10 gram gula

110 gram margarin

2 gram bread improver

130 gram susu cair

1.000 gram deep frying atau minyak goreng

50 gram susu full cream bubuk

90 gram kuning telur (6 butir kuning telur)

3 gram baking powder

60 gram emulsifier

Cara Membuat:

1. Campur semua bahan kering, aduk merata

2. Masukkan kuning telur, susu cair, sebagian air dan aduk pelan atau mixer hingga adonan menyatu

3. Masukkan margarin dan aduk dengan kecepatan sedang hingga adonan kalis.

4. Angkat dari mixer dan istirahatkan kurang lebih 10 menit.

5. Potong dan timbang sesuai ukuran kurang lebih 40 gram dan bulatkan (rounding).

6. Lubangi bagian tengah atau bentuk sesuai selera, istirahatkan sampai mengembang kurang lebih 1 jam. Mulai panaskan minyak goreng atau deep frying.

7. Goreng dengan api sedang selama kurang lebih 2 menit hingga matang. Angkat dan tiriskan.

8. Hias dan beri topping sesuai selera.

 

3 dari 3 halaman

Tips Membentuk Bulatan yang Sempurna dengan Ring

Keberhasilan donat adalah membentuk ring di samping ya menandakan donat digoreng dengan teknik yang benar. Hal ini membutuhkan kesabaran dan kecepatan. Berikut ini beberapa tips untuk anti gagal dalam produksi donat:

1. Gunakan kentang untuk tekstur adonan lembut dan chewy ketimbang hanya full menggunakan tepung terigu.

2. Ganti penggunaan 3 kuning telur dengan satu butir telur utuh untuk menghindari adonan yang kurang kokoh.

3. Pastikan adonan telah diaduk hingga kalis atau di-mixer dengan kecepatan sedang. Adonan kalis ditandai dengan adonan yang jika direnggangkan tidak terputus dan tidak lengket.

4. Pastikan istirahatkan adonan minimal satu jam sebelum digoreng tujuannya untuk membuat donat mengembang sempurna.

5. Untuk hasil goreng lebih sempurna, Anda bisa menggunakan minyak padat. Minyak padat sebetulnya sama dengan minyak goreng biasa, hanya bentuknya saja yang padat seperti butter atau mentega putih.

6. Teknik menggoreng donat yang baik adalah, masukan donat secara terbalik dan segera balik dalam 5 detik. Kemudian tunggu kecokelatan dan balik untuk sisi satunya. Segera angkat jika sudah kecokelatan. Langkah ini akan memberikan ring yang sempurna di sekitar donat.

Selamat mencoba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini